Inilah Daftar Ibu Rumah Tangga Terkaya Sejagat Versi Forbes

ibu kayaIpotnews – Daftar orang kaya dunia bertambah versi majalah bisnis Forbes baru-baru ini, menjadi 1.426 orang dan 138 diantaranya perempuan. Hebatnya lagi, mereka berperan ganda sebagai pemimpin perusahaan dan seorang ibu rumah tangga.

Melansir situs Yahoo.finance Jumat (10/5), jumlah perempuan yang masuk jajaran konglomerat itu meningkat dari 2012 yang hanya 104 orang. Di antara daftar perempuan terkaya sedunia itu, beberapa tokoh juga mengurus anak dan keluarga sebagai ibu rumah tangga. Sebut saja Meg Whitman, Laurene Powell Jobs, Tory Burch, dan Georgina Rinehart.

Erin Carlyle editor Forbes dalam wawancara Daily Ticker mengatakan, para wanita karir itu berhasil sebagai pemimpin perusahaan juga ibu rumah tangga. Berikut ini daftar selengkapnya:

1. Georgina Rinehart

Forbes mencatat Gina Rinehart–pebisnis asal Australia–memiliki kekayaan bersih sekitar US$17 miliar. Kendati baru-baru ini harga komoditas bijih besi yang anjlok menggerus kekayaannya hingga US$1 miliar, Gina tetap perempuan terkaya di wilayah Asia Pasifik.

Terkadang pertengkaran antara anak dan ibu ‘miliarder’ itu mencuat ke media. Dua anak Gina berusaha mendepak pebisnis tambang itu sebagai ahli waris kepercayaan keluarga besar.

Namun, anak-anak itu malah mendapat hadiah dari ibunya saat peringatan Mother’s Day. “Bunga dan cokelat selalu berhasil,” kata Carlyle.

Gina meneruskan perusahaan ayahnya Lang Hancock dalam mengelola perusahaan tambang bernama Hancock Prospecting. Gina dikabarkan baru membeli dua kondominium mewah di Pulau Sentosa, Singapura seharga US$45 juta.

2. Laurene Powell Jobs

Steve Jobs wafat meninggalkan warisan melimpah untuk anak dan istrinya. Laurene Powell Jobs memiliki kekayaan sekitar US$10,7 miliar dari perusahaan Apple sepeninggal Jobs. Ibu rumah tangga nan kayaraya ini juga berhasil melindungi anak-anaknya dari sorotan media.

“Ia punya tiga anak dan kalian tidak benar-benar tahu tentang mereka. Anak sulung mereka pertama kali muncul di media saat mengikuti pertunjukan kuis di mana ia memakai nama gadis Laurene,” ungkap Carlyle.

3. Meg Whitman

Meg Whitman yang menjabat CEO HP dan pendiri eBay—situs belanja daring ternama–memiliki kekayaan sekitar US$1,9 miliar. Whitman menangani perusahaan terbesar di Wall Street sambil mengurus dua anak.

“Keluarganya bukan sumber stres, justru sumber semangatnya. Mengajak anak-anak ke Princeton menunjukkan bahwa keluarga sesuatu yang membuatnya terus tumbuh dan menyokong di balik kerja kerasnya,” kata Carlyle.

4. Tory Burch

Perancang busana langganan selebritas dan tokoh ternama Tory Burch adalah pendatang baru yang masuk dalam jajaran perempuan terkaya dunia. Forbes menaksir aset ibu dari si kembar Nick dan Henry (15 tahun), juga Sawyer (12 tahun) itu US$1 miliar.

Menurut Carlyle, Burch tetap tangguh menyeimbangkan antara karirnya dan keluarga.

“Ini soal managemen waktu dan memprioritas anak laki-laki dan anak perempuan tiri saya. Apa yang saya berjuangkan ini saya harap para perempuan mengerti bahwa mereka tetap bisa di dunia bisnis dan ibu rumah tangga,” kata Burch dalam wawancara The Daily Beast.

LINK