Terkontaminasi, Rothschild Minta Hasil Investigasi Macfarlanes di Bumi Dibuang

nath rothschild telegraphIpotnews – Investor Inggris, pendiri Bumi Plc bersama keluarga Bakrie, meminta laporan Macfarlanes yang menyebutkan telah terjadi “penyimpangan” dana operasional anak usaha Bumi Plc di Indonesia, Bumi Resorces, dibuang. Rothschild menuding, laporan tersebut telah “didiskreditkan” karena adanya tekanan dari dewan direktur Bumi Plc yang dikomandoi taipan batubara Indonesia, Samin Tan.

Permintaan dan tudingan Rothschild disampaikan sehari menjelang pertemuan dewan direktur Bumi Plc yang akan berlangsung Kamis (17/1) malam ini. Rothschild meminta dilakukan penyelidikan baru. “Samin Tan tahu itu. Laporan Macfarlanes benar-benar terkontaminasi,” tegas Rothschild, seperti diberitakan telegraph.co.uk.

Rothschild, yang menjadi salah satu pemegang saham besar di Bumi Plc, keluar dari dewan direktur pada Oktober lalu menyusul meruncingnya perseteruan dengan Bakrie. Ia mengaku sudah mengirim surat kepada Direktur Independen Bumi Plc, Sir Julian Horn-Smith, menuntut dilakukannya penyelidikan yang “benar-benar independen” atas dugaan penyelewengan dana di Bumi Resources [BUMI 640 -10 (-1,5%)] dan Berau Coal Energy [BRAU 220 0 (+0,0%)].

Sebagai pemilik 18,2 persen hak suara di Bumi Plc, Rothschild pekan lalu meminta dilangsungkannya rapat umum pemegang saham luar biasa bulan depan, dengan agenda menggulingkan 12 dari 14 anggota dewan direktur, yang oleh Rothschild dinilai musuh-musuhnya.

Pemodal yang mendirikan Bumi Plc bersama Bakrie pada 2010, melalui kesepakatan senilai USD3 miliar, menyatakan sangat marah dengan kabar bahwa Macfarlanes mengkritik dirinya karena tak bekerja penuh dalam penyelidikan yang sebenarnya diminta sendiri oleh Rothschild. “Tak akan penyelidikan jika bukan saya yang meminta,” katanya.

Dalam bocoran yang diterima Rothschild, Macfarlanes menyatakan tidak mendapatkan respons yang memuaskan dari Rothschild ketika mempertanyakan asal-usul bahan yang diserahkan kepada Macfarlanes.

Sebuah “ringkasan analisis” oleh Macfarlanes pada September tahun lalu menemukan bahwa due diligence oleh Samin Tan, sebelum yang bersangkutan membeli saham senilai USD1 miliar di Bumi Plc pada November 2011, memicu “keprihatinan” atas sejumlah transaksi yang dilakukan.

Rothschild mengklaim bahwa Samin Tan mengetahui hal itu, termasuk investasi senilai USD75 juta di Berau ke dana yang disebut “Chateau”, namun tak melakukan apapun terkait hal itu.

Belum ada komentar apapun dari manajemen Bumi Plc maupun Macfarlanes mengenai klaim Rothschild tersebut.

LINK