Inilah Saham-Saham Prospektif di Saat Banjir Lumpuhkan Jakarta

CBD jakarta-okezoneIpotnews – Senior Vice President, Head of Research PT Bahana Securities, Harry Su, mengatakan sementara semua sektor terpengaruh oleh banjir, ia yakin ada beberapa sektor dan saham-saham yang tetap berprospek positif di tengah situasi seperti ini. Seperti misalnya saham-saham sektor properti khususnya pengembang apartemen.

Saham lainnya adalah PT Lippo Karawaci Tbk ( [LPKR 1,000 -20 (-2,0%)]) dengan target harga ke level Rp1.280 per lembar saham karena ada kemungkinan peningkatan pasien akibat banjir. Sentimen positif juga terdapat di saham PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk ( [SRAJ 255 0 (+0,0%)]) dan PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk ( [SAME 490 -30 (-5,8%)]).  “Walaupun kedua saham tersebut tidak kami pantau,” jelas Harry, seperti dikutip dalam risetnya, Kamis (17/1).

Emiten sektor farmasi seperti PT Kalbe Farma Tbk ( [KLBF 1,000 -10 (-1,0%)]) dengan target harga di Rp1.000 per lembar saham dan PT Tempo Scan Pasific Tbk ( [TSPC 3,525 0 (+0,0%)]) di target harga ke level Rp3.950 per lembar saham juga akan diuntungkan dari situasi banjir. Pasalnya ada peningkatan pembelian obat oleh masyarakat khususnya untuk obat penyakit flu dan kulit yang timbul akibat banjir.

Selain itu, selama banjir biasanya persediaan bahan makanan pokok rumah tangga seperti mie akan memberikan sentimen positif bagi produk konsumen bermerek Indofood dan harga saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ( [ICBP 7,950 50 (+0,6%)]) dengan target harga ke level Rp8.600 per lembar saham, tambah Harry.

Harry menambahkan, selama hujan perokok juga memiliki kecenderungan untuk merokok lebih banyak sehingga meningkatkan penjualan batang rokok seperti PT Gudang Garam Tbk ( [GGRM 53,300 -800 (-1,5%)]) dengan target harga ke level Rp55.000 per lembar saham. Untuk saham komoditas, ia melihat adanya penurunan produksi sehingga akan membuat harga komoditas global mengalami kenaikan.

“Perbaikan suku cadang kendaraan bermotor karena terkena dampak banjir juga akan menguntungkan PT Astra Autoparts Tbk (AUTO) sehingga sahamnya dapat menguat ke target harga Rp3.575 per lembar saham. Saham PT Ace Hardware Tbk (ACES) juga akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan penjualan perkakas,” tutur Harry.

Adapun untuk saham-saham yang terkena dampak negatif dari banjir adalah saham sektor semen dan konstruksi, batubara, ritel, jasa angkutan umum serta telekomunikasi. Untuk saham sektor semen, konstruksi dan batubara, akan terjadi keterlambatan operasional..

“Kemacetan lalu lintas dan cuaca buruk yang menyebabkan banjir juga akan berdampak negatif bagi perusahaan taksi dan maskapai penerbangan,” terang Harry.

Saham lainnya seperti PT Nippon Indosari Corpindo Tbk ( [ROTI 6,200 -50 (-0,8%)]) akan terkena dampak negarif karena 69% penjualan perseroan berada di wilayah Jabodetabek. Disarankan untuk menahan tidak melakukan akumulasi saham ini karena harga saanya akan bergerak ke level Rp6.100 per lembar saham.

“Saham lainnya adalah PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) yang akan bergerak melemah ke level Rp1.350 per lembar saham karena pembelinya akan mengalami penurunan akibat terhalang banjir,” imbuh Harry.

LINK