Banjir Jakarta Beda Dengan Thailand, Iklim Investasi Tidak Terpengaruh: BKPM

banjir bunderan HI detikIpotnews – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Chatib Basri menilai, terjadinya banjir di Jakarta hingga saat ini belum mempengaruhi iklim investasi di Indonesia.

Chatib menjelaskan, belum pengaruhi investasi karena sebaian besar pabrik-pabrik produksi saat ini tidak berada di wilayah Jakarta, tetapi di luar Jakarta sehingga tidak terkena efek banjir. “Sampai hari ini saa belum mendengar investasi yang terganggu akibat banjir,” ujar Chatib saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis 17 Januari 2013.

Menurut Chatib, skala banjir di Jakarta masih tergolong kecil untuk para investor, sehingga belum mengganggu iklim investasi. Kondisi banjir Jakarta sangat berbeda dengan banjir di Thailand dua tahun lalu, yang berdampak pada lumpuhnya sentra-sentra produksi sehingga harus merelokasi pabrik.

Chatib meyakini para investor pasti mempunyai pertimbangan-pertimbangan untuk berinvestasi di Indonesia. Untuk menyakinkan para investor, ujarnya, Indonesia perlu memperbaiki dan mengembangkan infrastruktur agar menjadi lebijh baik.

“Yang bisa dilakukan adalah perbaikan infrastruktur. Investor mengambil keputusan juga perlu pertimbangan dan Jakarta banjirnya tidak terlalu parah dibanding Thailand. Jadi rasanya iklim investasi tidak terpengaruh karena skalanya tidak terlalu besar,” ujar Chatib.

LINK