PaperTab, Revolusi Komputer Tablet “Kertas” Masa Depan

bIpotnews – Di masa depan, penggunaan teknologi layar sentuh pada acang atau gadget jenis tablet bakal semakin ringkas. Bentuk revolusi tablet canggih lima tahun mendatang pun memiliki tampilan seperti lembaran kertas.

Seperti dilansir laman Dailymail, Selasa (8/1), adalah Queen’s University, Kanada, yang menjalin kerja sama dengan perusahaan plastik, Plastic Logic, dan Intel Labs menciptakan bentuk tablet tipis bernama PaperTab. Meski ketebalannya hampir setipis karton, PaperTab yang menggunakan layar 10,7 inci ini bisa ditekuk dan antipecah.

PaperTab bakal didukung prosesor Intel generasi kedua ®CoreTM i5. Intel memperkirakan, teknologi PaperTab akan menggeser penggunaan tablet, komputer pribadi, laptop, Ultra-notebook yang populer saat ini. Bahkan, eksistensi kertas di dunia terancam punah karena orang-orang tidak perlu repot lagi menjinjing tumpukan kertas.

“Lima sampai sepuluh tahun lagi, kebanyakan komputer dari ultra-notebook untuk tablet akan tampil seperti selembar kertas warna yang dicetak,” kata ilmuwan dari Intel, Ryan Brotman.

PaperTab dihubungkan pada backplane yang terbuat dari bahan fleksibel, mirip selembar plastik transparan. Konsep tablet masa depan ini memudahkan pengguna membuka lebih dari sepuluh aplikasi berbeda maupun display tunggal.

Acang yang rancangannya mirip produk Apple ini memungkinkan pengguna mengirim foto hanya dengan menyentuh satu PaperTab, sambil mengirim surel dan di jendela lain melihat gambar.

Jika ingin melihat gambar lebih besar dari ukuran layar, pengguna cukup menggabungkan dua atau lebih sisi PaperTab secara berdampingan.

Kecanggihan lain dari PaperTab, pengguna dapat memakainya sebagai e-book dengan menekuk layar untuk pindah ke halaman selanjutnya. Layar yang dapat ditekuk ini juga mampu bekerja sama, yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan foto di antara dua layar PaperTab hanya dengan sekali sentuh.

Sementara itu, Direktur Human Media Lab dari Queen’s University, Roel Vertegaal, menambahkan bahwa PaperTab juga memudahkan pekerja kantoran yang kerap bekerja dengan dokumen ganda. “Cukup dengan menyentuh layarnya, maka foto atau dokumen tersebut dapat langsung masuk ke draft e-mail,” tutur dia.

Prototipe dari tablet masa depan tersebut rencananya bakal dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show (CES 2013) di Las Vegas, Amerika Serikat, pekan ini.

Lihat video

LINK