Indo Premier Telah Kantongi Mandat “Underwriter” Obligasi Rp7 Triliun

indo premierIpotnews – PT Indo Premier Securities  telah mendapatkan mandat untuk menjadi penjamin emisi efek (underwriters) bagi penerbitan lima obligasi korporasi dan tiga penawaran saham perdana (initial public offering/IPO). Total nilai emisi dari keseluruhan aksi korporasi tersebut senilai Rp7 triliun.

Demikian dikatakan Direktur Investment Banking Indo Premier, Rayendra L Tobing, dalam acara Economic & Market Bond Outlook 2013 di Jakarta, Selasa (8/1). Rinciannya untuk nilai emisi lima penerbitan obligasi senilai Rp5 triliun dan tiga IPO senilai Rp2 triliun.

“Persaingan bisnis penjaminan emisi di tahun ini masih akan besar. Meski demikian kami berharap perolehan penjaminan emisi di tahun ini tidak akan banyak berbeda dibandingkan di tahun lalu,” ujar Rayendra, Selasa (8/1).

Menurut Rayendra, porsi penjaminan emisi obligasi yang ditangani pihaknya di tahun lalu adalah Rp9,7 triliun atau menjadi sekuritas teraktif di bisnis penjaminan emisi obligasi. Indo Premier telah menangani 30 penjaminan emisi efek yang terdiri dari penerbitan  obligasi, obligasi jangka menengah (medium term notes/MTN), dan saham senilai Rp10,5 triliun.

Ekonom senior PT Indopremier Securities, Seto Wardono, mengatakan  penerbitan obligasi masih menarik pada 2013 didukung dari suku bunga acuan masih rendah di level 5,75%. Selain itu obligasi jatuh tempo akan mencapai Rp27,15 triliun pada 2013 sehingga mendorong penerbitan obligasi. Sektor keuangan pun diperkirakan akan masih mendominasi penerbitan obligasi pada tahun 2013.

“Untuk perdagangan obligasi berdenominasi non rupiah, perdagangannya tahun ini masih akan prospektif karena obligasi korporasi global dari Indonesia masih minim dan minat penyerapan investor masih tinggi,” imbuh Seto.

LINK