Penjualan Desember Melonjak, BMW Kembali Cundangi Mercedes

bmw-logo-reutersIpotnews – Penjualan Bayerische Motoren Werke AG (BMW) di Amerika Serikat melonjak 39 persen selama Desember 2012, didorong lini kendaraan Seri 5.

Pencapaian tersebut membantu BMW mengalahkan rival terberatnya, Daimler AG yang mengusung merek Mercedes-Benz, di pasar kendaraan mewah Amerika Serikat dalam dua tahun berturut-turut.

Sepanjang Desember, seperti dilansir laman Bloomberg, Jumat (4/1), penjualan BMW naik menjadi 37.399 unit, didorong lonjakan 72 persen untuk kendaraan menengah Seri 5.

Sementara, Mercedes melaporkan peningkatan 9,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 28.145 unit, dibantu penjualan sedan E-Class, yang naik 32 persen menjadi 6.984 kendaraan. Toyota Motor Corporation yang mengandalkan Lexus d pasar mobil premium, melaporkan kenaikan 21 persen menjadi 30.607 unit.

Penjualan Desember membuat BMW berada di atas Mercedes, yang sebelumnya memimpin dengan selisih 1.849 unit hingga November 2012. Di akhir tahun, penjualan BMW tercatat sebanyak 281.460 unit, atau 7.326 unit lebih banyak ketimbang Mercedes-Benz.

Dua pabrikan asal Jerman itu memang bersaing untuk menjadi penguasa kendaraan mewah di Amerika Serikat setelah mengalahkan Lexus tahun lalu. Sebelumnya, Lexus merupakan merek mobil mewah terlaris di “Negeri Paman Sam” selama sebelas tahun, sampai terjadinya bencana alam di Asia yang menekan produksi pada 2011.

“Kami ingin menjadi nomor satu, dan kami nomor satu di dunia,” ujar Ludwig Willisch, CEO BMW Amerika Utara. “Menjadi nomor satu berarti sebuah kesuksesan.”

Pabrikan yang berbasis di Munich itu mengatakan, penjualan BMW di Amerika Serikat pada tahun lalu mengalami kenaikan 14 persen. Pada kesempatan itu, BMW menyatakan mendapatkan berkah dari penjualan sport-utility vehicle (SUV) X3 yang melonjak 46 persen menjadi 5.162 unit selama Desember. Pengiriman X3 pada 2012 tercaat tumbuh 27 persen menjadi 35.173 unit.

Sementara itu, penjualan Mercedes di Amerika Serikat pada 2012 meningkat 12 persen menjadi 274.134 unit. Tahun sebelumnya, BMW mengalahkan Mercedes di Amerika Serikat dengan selisih 2.715 kendaraan.

Sedangkan penjualan Lexus secara keseluruhan di pasar Amerika mencapai 244.166 unit pada 2012, atau kenaikan 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dan ini merupakan volume tertinggi sejak 2008.

Namun, penjualan tersebut tidak menyertakan van kargo serta Smart milik Daimler dan merek Mini BMW, yang tidak termasuk kendaraan mewah.

LINK

Iklan