Mantan Model Jadi Perempuan Terkurus di Dunia Akibat Anoreksia

aIpotnews – Ini merupakan kisah sedih perempuan terkurus di dunia, Valeria Levitin. Perempuan yang dulunya model ini hanya memiliki bobot 19 kg akibat menderita anoreksia parah.

Hanya rambut dan kulit yang membungkus tulang, penampilan Valeria, 39 tahun, sangat mengerikan. Lebih dari sepuluh tahun, Valeria yang dulunya model itu, menderita gangguan pola makan, anoreksia, yakni gangguan makan yang ditandai rasa takut berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Penderita anoreksia disebut anoreksik.

Valeria sudah mendatangi 30 ahli kesehatan untuk membantunya sembuh dan kembali ke berat badan normal, yakni 63 kg. Sekarang bobot model asal Rusia yang tinggal di Monako itu hanya 19 kg.

Sebagian besar orang menyampaikan rasa iba melalui pesan surel kepada Valeria. Tetapi tak sedikit pula remaja berusia dua puluhan yang menganggapnya sebagai sosok inspiratif, karena berhasil menurunkan berat badan.

Valeria ingin melawan penyakit anoreksia yang telah merusak hidupnya. “Anoreksia membuat saya kesepian, tidak menarik, dan tampak menjijikan bagi orang-orang di sekitar saya. Karena itu, saya ingin mengkampanyekan agar para remaja dapat hidup sehat, bermakna dan bahagia,” ungkap Valeria seperti dilansir laman Dailymail, Kamis (20/12).

Penyakit anoreksia, menurut Valeria, tak dapat disembuhkan oleh dokter karena kurangnya harmonisasi antar-tubuh dan jiwa. “Obat terbaik penyakit ini adalah dirimu sendiri,” imbuhnya.

Dulu, Valeria merupakan model yang memiliki bentuk badan curve (berisi). Namun, memasuki usia 24 tahun—awal kariernya menjadi model—dia merasa kegemukan. Ditambah kritikan ibunya yang terlalu khawatir Valeria menjadi gemuk.

“Ibu takut kalau saya tumbuh besar dengan tubuh gemuk. Untuk alasan itu, sejak kecil, makanan saya mulai dibatasi,” ungkap Valeria.

Jika ingin diterima banyak orang, dia harus menurunkan berat badannya. “Saya mulai membatasi makanan, tidak menyantap makanan manis yang mengandung karbohidrat atau gula,” katanya.

Dulu, agensi model pernah menolak Valeria dengan alasan masih terlalu gemuk. Penolakan juga dia terima saat mendaftar jadi penari balet pada usia 24 tahun. Namun, kegagalan kali ini karena tubuhnya terlalu kurus dianggap takut mencederai diri sendiri.

Kondisi itu tidak menyembuhkan Valeria dari penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal dan fisiologikal. Semakin lama, berat badannya terus turun.

Kini Valeria hanya dapat makan beberapa potong buah. Sebab makanan seperti daging dan sayuran, hanya dapat dimakan satu kali sehari. Itu pun dalam porsi yang kecil. (Vina)

Lihat video

LINK