Rahasia Sukses Steve Jobs, Zuckerberg, Bill Gates: Memulai Bisnis Di Usia 20 Tahun

aIpotnews – Dalam membangun sebuah bisnis yang besar, biasanya investor akan mencari perusahaan dengan tim manajemen yang berpengalaman. Mereka menginginkan seorang dengan rekam jejak pengalaman yang baik dalam perencanaan keuangan, kerjasama tim, pengembangan produk dan lain-lain.

Keinginan yang sempurna itu memang tidak salah. Karena, hampir segalanya dalam hidup, latihan dan pengalaman adalah pelajaran menuju kesempurnaan hasil. Orang-orang yang lebih awal memulai latihan tersebut tentu akan mendapat lebih banyak pengalaman. Begitupun dalam bisnis.

Situs Forbes Senin (3/11) menulis, tokoh-tokoh pengusaha terkenal memulai bisnis saat berumur 20-an tahun. Umpamanya, mendiang Steve Jobs yang banyak mengubah dunia lewat teknologi canggih Apple, bahkan sudah bekerja di usia 19 tahun kala ia belum lulus kuliah.

Taipan sekaligus penemu Microsoft, Bill Gates mengalami kesuksesan yang tidak instan. Ia menggembleng mental bisnisnya sejak usia 20 tahun bersama Paul Allen yang dua tahun lebih tua darinya kala itu.

Penulis Forbes, Brock Blake memberi kiat bila ingin menjadi pengusaha sukses, mulailah asah kepekaan bisnis Anda mulai usia 20-an tahun. Berikut ini contohnya:

Sergey Brin dan Larry page

Dua penemu mesin pencari Google ini memulai usaha sejak belia, yakni saat umur 25 tahun.

Steve Jobs dan Steve Wozniak

Duo Steve fenomenal pencipta Apple Inc ini memulai bisnis di usia sangat muda. Jobs yang berusia 19 tahun sudah bekerja di sebuah perusahaan game terkenal di Amerika Serikat. Sementara Wozniak yang berumur 26 tahun telah menciptakan beberapa produk teknologi.

Bill Gates dan Paul Allen

Saat memulai kerja sama hingga akhirnya menelurkan peranti Microsoft, kedua sahabat ini sama-sama dewasa muda. Gates kala itu berumur 20 tahun dan Allen 22 tahun.

Marck Zuckerberg

Saat masih kuliah, Zuckerberg berpikir bagaimana membuat buku harian yang dapat menghubungkan orang-orang di manapun mereka berada. Di usia 20 tahun, ia menciptakan facebook, sebuah produk yang mengantarkannya menjadi salah satu anak muda terkaya di dunia.

Sam Walton

Dia adalah pemuda 26 tahun yang menemukan Wal Mart hingga sesukses sekarang.

Menurut catatan Brock Blake, semua pengusaha beken itu memulai bisnisnya tidak lebih dari usia 26 tahun.  Dan perusahaan mereka hingga kini termasuk yang tersukses di dunia.

Pentingnya mendirikan perusahaan sukses sejak usia muda alasannya, anak muda belum punya tanggungan keluarga. Biaya hidup mereka relatif irit. Beberapa tokoh pengusaha itu malah ada yang memulai hidupnya di kamar asrama kampus yang murah dan hanya makan mi instan.

Selain itu, pengusaha yang memulai usaha di usia 20-an tahun, tidak memiliki tanggungan tagihan kredit, kartu kredit dan lainnya. Di saat seperti itu, kata Brock Blake, sang pengusaha muda menjadi lebih fokus mempelajari bisnisnya.

Kemampuan mereka semakin terasah dalam menuntaskan masalah dengan pola pikir kompleks. Pengalaman inilah yang berkontribusi membuatnya menjadi pengusaha yang sukses.

Catatan saja, Bill Gates bahkan tidak pernah libur saat masa-masa dewasa muda yang enerjik.  “Saya tidak pernah mengambil libur saat usia 20 tahunan. Sekalipun tidak,” ungkap Gates.

LINK