Forbes: 4 Wajah Baru Orang Terkaya Indonesia, Klan Bakrie Tergusur

aburizal bakrieIpotnews – Salah satu klan kaya raya di Indonesia adalah keluarga Aburizal Bakrie. Namun, setelah kisruh dengan Nathaniel Rothschild dan Samin Tan, kekayaan Bakrie perlahan merosot.

Kamis 29 November 2012, Forbes merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia yang memuat empat wajah baru. Berdasarkan data tersebut, Aburizal Bakrie alias Ical yang disebut-sebut bakal maju jadi RI 1 2014 itu lengser dari posisi 30 dari daftar orang terkaya di Indonesia.

Melansir laman Forbes, kekayaan Ical pada 2011 tercatat US$890 juta turun hingga US$1,2 miliar sekitar 51 persen atau sekitar Rp10,8 triliun. Tahun ini, aset Bakrie terus melorot yang salah satu penyebabnya menjaminkan aset perusahaan demi mencari utang.

Forbes mencatat, Bakrie hasil utang tersebut misalnya untuk menstimulus PT Bumi Resources Tbk (BUMI), salah satu anak usaha Bakrie di bidang tambang. Celakanya, Bakrie tak dapat membayar semua pinjaman itu ditambah harga saham yang jadi jaminan itupun ikutan jeblok di lantai bursa.

Konflik keluarga Bakrie dengan Nathaniel Rothschild dan Samin Tan memicu ketegangan investor. Sehingga, saham Bumi Plc di bursa London anjlok 70 persen. Selain itu, menurut Forbes, kekayaan dinasti Bakrie pun berkurang lantaran penjualan beberapa aset jalan tol.

Bakrie grup menjual jalan tol ke Grup MNC milik Hary Tanoe antara lain tol Kanci-Pejagan (telah beroperasi) alias Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, Cimanggis-Cibitung, Ciawi-Sukabumi dan Pasuruan-Probolinggo.

Saat ini, kekayaan klan Bakrie diperkirakan tinggal US$1 miliar atau sekitar Rp9,5 triliun. Belum ada penjelasan berapa total aset perusahaan yang dijaminkan untuk berutang. Sebab, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR)-induk usaha grup Bakrie-selalu enggan mengekspos hal itu ke hadapan publik.

Forbes berpendapat, grup Bakrie tidak akan bisa membayar utang-utangnya dengan cara menjual aset lainnya. Karena, kebanyakan aset-aset tersebut telah digadai untuk utang.

Empat Wajah Baru

Kali ini, daftar 40 orang terkaya di Indonesia dihiasi empat wajah baru. Pengusaha industri agrikultur Lim Hariyanto Wijaya Sarwono salah satu pendatang dengan nilai kekayaan US$1,03 miliar.

Lim kaya raya berkat perusahaan perkebunan Bumitama Agri yang baru saja go public di bursa Singapura. Lim Hariyanto menduduki peringkat 30 daftar orang terkaya di ajang bergengsi ini, menggusur Aburizal Bakrie.

Selain Lim, tiga wajah baru lainnya ialah Alexander Tedja, pemilik pusat perbelanjaan terbesar di Jawa Timur. Pria berumur 67 tahun ini bertengger di nomor 37 dengan total harta US$790 juta.

Pemilik Garudafood, Sudhamek (56 tahun) menempati ranking 38 dengan nilai kekayaan US$760 juta.

Di peringkat 40, ada konglomerat di bidang bisnis media, yakni Eddy Sariaatmadja. Forbes mencatat Eddy sebagai pemilik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang melahirkan anak usaha PT Surya Citra Media Tbk (stasiun SCTV).  Eddy memiliki harta senilai US$730 juta.

LINK