Hunian 10.000 Tahun Yang Lalu Ditemukan Utuh di Skotlandia

Ipotnews – Arkeolog menemukan pepuing bangunan yang diyakini sebagai rumah zaman prasejarah sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu. Temuan konstruksi hunian kuno ini ditemukan masih utuh di Echline, Skotlandia.

Seperti dilansir situs BBC Selasa (20/11), situs bersejarah ini ditemukan secara tak sengaja oleh perusahaan kontraktor saat melakukan penggalian guna keperluan konstruksi bangunan. Para ahli sejarah purbakala memperkirakan situs hunian kuno yang berlokasi di Echline, Queensferry bagian selatan, Skotlandiria itu berasal dari zaman Mesolikum, sepuluh ribu tahun silam.

Dari ceruk galian sedalam tujuh meter, ilmuwan menemukan bangunan yang utuh, seperti rumah, lengkap dengan tungku-tungku di dapur. Selain itu terdapat pula perkakas batu dan anak panah yang digunakan berburu pada zaman prasejarah.

Rod McCullagh, arkeolog senior di Historic Scotland mengatakan, penemuan ini menambah informasi baru terkait analisis laboratorium untuk membantu peneliti memahami arsitektur bangunan yang didirikan di Skotlandia sepulih ribu tahun lalu.

“Penanggalan radiokarbon yang telah diambil dari situs ini menunjukkan bahwa ini adalah yang tertua dari jenisnya yang ditemukan di Skotlandia,” kata Rod.

Di situs itu, terdapat beberapa lubang pondasi yang dimasukan kayu untuk pembuatan atap dan dinding, yang kemungkinan ditutupi dengan rumput.  Beberapa tungku perapian internal juga diidentifikasi oleh peneliti.  Ditemukan pula lebih dari seribu artefak batu yang ditemukan, termasuk bahan-bahan yang akan digunakan sebagai perkakas serta panah.

Peneliti pun menemukan sejumlah besar cangkang hazelnut (semacam buah kemiri) yang hangus. Ini menunjukkan bahwa hazelnut merupakan sumber makanan yang terpenting bagi penghuni rumah yang tinggal hanya pada musim dingin dan tidak ditinggali sepanjang tahun.

Sementara itu, manajer proyek arkeologi Headland, sebuah perusahaan yang melakukan penggalian, Ed Bailey menambahkan, penemuan perumahan kuno ini sangat langka. Situs tersebut bisa memberikan kesempatan kepada peradaban manusia zaman kiwari  untuk mengembangkan pengetahuan tentang kehidupan orang-orang prasejarah.

“Para ahli arkeologi dan palaeo-environmental masih meneliti di lokasi penemuan. Ini akan memungkinkan kita mengetahui gaya hidup dan bentuk rinci dari bangunan pada zaman Mesolithic,” tutup Bailey. (Vina)

Keterangan foto: Gambaran hunian kuno 10.000 tahun yang lalu ditemukan di Skotlandia. Diambil dari www.bbc.co.uk

LINK