Yahoo Kembali Bajak Eksekutif Google

Ipotnews – Yahoo Inc menunjuk eksekutif Google Inc, Henrique de Castro sebagai Chief Operating Officer (COO), pengangkatan terbesar yang dilakukan Marissa Mayer setelah ditetapkan sebagai Chief Executive Officer.

Pengangkatan ini, seperti dilansir laman Bloomberg, Selasa (16/10), merupakan bagian dari upaya Mayer guna menghidupkan kembali pertumbuhan penjualan Yahoo! yang dalam beberapa tahun terakhir terus terpuruk.

Menurut perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California itu, De Castro, 47 tahun, menjadi Wakil Presiden Solusi Bisnis Google sejak Maret. Dia sudah bekerja di Google sejak 2006, sebelumnya bertugas di Dell Inc dan McKinsey & Company.

Setelah bergabung dengan Yahoo pada Juli lalu, Mayer terus melakukan “bersih-bersih” dengan melakukan penunjukan untuk mengisi sejumlah posisi strategis. Langkah ini dilakukan Mayer untuk membalikkan pergolakan di tubuh manajemen selama tiga tahun tahun, melorotnya pendapatan Yahoo dan menurunnya pangsa pasar akibat kalah bersaing dengan Facebook Inc dan Google.

Bulan lalu, Mayer mengangkat Ken Goldman sebagai Chief Financial Officer, setelah menunjuk mantan eksekutif American Eagle Outfitters Inc, Kathy Savitt, sebagai Chief Marketing Officer.

De Castro sebelumnya mengawasi media, mobile dan platform global di Google, yang berbasis di Mountain View, California.

“Pengalaman operasional De Castro di sektor iklan Internet dan kesuksesannya dalam penataan dan skala organisasi global menjadikan dia sebagai pilihan terbaik,” kata Mayer.

De Castro akan mulai bekerja di Yahoo sebelum 22 Januari. Disebutkan, De Castro bakal menerima gaji pokok sebesar US$600 ribu, serta sekali retensi ekuitas yang jumlahnya mencapai US$36 juta. Selain itu, Yahoo juga akan memberikan bonus tunai US$1 juta dan sejumlah saham terbatas senilai US$20 juta sebagai kompensasi karena meninggalkan Google.

LINK