Video Live Stream Aksi Terjun Dari Angkasa Cetak Rekor di YouTube

Ipotnews – Aksi gila skydiver asal Austria, Felix Baumgartner yang terjun bebas dari ketinggian angkasa mencuri perhatian netizen di seluruh dunia. Setelah misi penerjunan bernama Red Bull Stratos dan berhasil mencetak tiga rekor sekaligus pada Minggu (14/10), Baumgartner memecahkan rekor live streaming di YouTube.

Melansir laman BBC Selasa (16/10), lebih dari delapan juta orang telah menyaksikan aksi Baumgartner di situs video-sharing YouTube sejak ditayangkan dua hari lalu. Menurut Google Inggris Raya, prestasi Baumgartner ini merupakan rekor tertinggi untuk live streaming sepanjang sejarah dunia maya.

Google dalam blognya mengatakan, total penonton tayangan video Baumgartner meningkat secara simultan dan merupakan tertinggi di situs YouTube. “Kami mengucapkan selamat kepada Felix Baumgartner dan segenap tim Red Bull Stratos atas suksesnya misi yang dijalankan, dan telah menciptakan live stream dengan angka pengunjung tertinggi yang secara serentak melihat situs YouTube,” tulis Google.

Memang, hingga kini belum diketahui berapa angka sebenarnya pengunjung tertinggi yang dicetak YouTube. Namun, sebagai perbandingan, jumlah klikers aksi Baumgartner secara live stream melampaui jumlah pengunjung akses live stream pembukaan Olimpiade 2012 yang mencatat angka 8,3 juta.

Baumgartner berhasil terjun dari ketinggian 39,044 km. Setelah naik dengan kapsul dan balon udara, ia berhasil terjun menembus kecepatan suara. Penerjunan berjalan selama 9 menit 3 detik. Selama 4 menit 20 detik merupakan gerak jatuh bebas berkecepatan 1.342 km/jam atau 1,24 kali kecepatan suara.

Dengan kesuksesan penerjunan itu, Baumgartner menjadi manusia pertama yang bergerak menembus kecepatan suara tanpa kendaraan sekaligus rekor kecepatan gerak tertinggi. Baumgartner juga meraih rekor skydiver yang pernah terjun dari titik tertinggi.

Keberhasilan penerjunan kali ini adalah buah dari kerja keras persiapan selama 7 tahun. Misi Baumgartner disponsori oleh Red Bull, perusahaan minuman berenergi. Deretan dokter dan kalangan skydiver, termasuk Joe Kittinger dari US Air Force, pencetak rekor penerjunan tertinggi sebelumnya, terlibat.

Para peneliti di Red Bull Stratos pun mengatakan aksi Felix menghasilkan data tak ternilai bagi pengembangan performa tinggi, sistem parasut di ketinggian tertentu, dan pengetahuan yang bisa memberikan informasi mengenai perkembangan ide baru dalam evakuasi darurat dari kendaraan seperti pesawat luar angkasa yang melewati stratosfer.

Lihat Video

LINK