Simak Daftar Sepuluh Negara dengan Jumlah Miliarder Terbanyak

Ipotnews – Walaupun perekonomian global sedang gonjang-ganjing akibat krisis utang Eropa serta melambatnya pertumbuhan Amerika Serikat dan China, namun tidak membuat jumlah miliarder menyusut.

Dalam kondisi krisis moneter seperti saat ini, ada sisi lain yang menarik, di mana data terbaru dari lembaga survei Wealth-X menyebutkan jumlah konglomerat di seluruh dunia tumbuh 9,4 persen menjadi 2.160 orang. Kekayaan mereka rata-rata tumbuh 14 persen atau senilai US$6,19 triliun, naik US$760 miliar dari tahun lalu.

Kategori kekayaan mereka bervariasi, bergantung pada pertumbuhan ekonomi negara masing-masing. Namun, keseluruhan kekayaan tiap konglomerat di dunia yang memiliki aset lebih dari US$30 juta, pada tahun ini turun hampir dua persen.

Berdasarkan survei yang dilakukan selama periode Agustus 2011 hingga 31 Juli 2012, Wealth-X pun merilis sepuluh negara yang paling banyak dihuni orang-orang terkaya di jagat raya, seperti dilansir laman CNBC, Rabu (3/10). Susunannya dimulai dari peringkat teratas.

1. Amerika Serikat

Total miliarder: 480

Total kekayaan: US$2,05 triliun

Amerika Serikat masih menempati posisi teratas. Selisih jumlah miliarder asal “Negeri Paman Sam” dengan China, pesaing terdekatnya, cukup jauh, yakni terpaut 333 orang.

Total orang kaya raya di Amerika meningkat 5,5 persen dibandingkan tahun lalu. Kalkulasi kekayaan mereka juga tumbuh hampir delapan persen dari 2011, yakni US$2,05 triliun.

Negara bagian nomor satu yang “menyumbang” predikat warga terkaya adalah California, diikuti New York, Texas, Florida dan Illinois.

2. China

Total miliarder: 147

Total kekayaan: US$380 miliar

China menduduki peringkat kedua di dunia dengan jumlah taipan terbanyak. Tetapi, total kekayaan taipan negara ini berada di belakang Jerman dan Inggris, atau hampir sama dengan Rusia.

Sedangkan, jumah konglomerat di China mewakili 1,3 persen dari total orang kaya dengan harta lebih dari US$30 juta. Jika dikalkukasilan, harta orang kaya di China senilai US$1,58 triliun, 24 persen di antaranya milik para taipan.

Jika dikerucutkan lagi, rata-rata miliarder China mempunyai harta lebih dari US$2,6 miliar, tersebar di lima kota besar, yakni Beijing, Shanghai, Shenzhen, Guangzhou dan Hangzhou.

3. Inggris

Total miliarder: 140

Total kekayaan: US$430 miliar

Di posisi ketiga, ada Inggris yang memiliki jumlah konglomerat terbanyak di Eropa. Inggris mengalahkan Jerman, tetapi masih tertinggal oleh Jerman dalam hal total nilai kekayaan. Miliarder Inggris mewakili 1,3 persen dari populasi yang bernilai lebih dari US$30 juta. Mereka memegang hampir 33 persen dari total harta orang terkaya.

Miliarder di Inggris punya aset rata-rata senilai US$3,1 miliar. Kelompok ini memiliki kekayaan yang tumbuh hampir empat persen dibandingkan 2011.

4. Jerman

Total miliarder: 137

Total kekayaan: US$550 miliar

Jerman adalah satu-satunya negara Uni Eropa yang masuk dalam daftar ini. Negara ini mempunyai 137 miliarder atau kurang dari satu persen dari jumlah orang superkaya. Tetapi, mereka menguasai 27 persen dari total nilai kekayaan di segmen ini.

Para taipan Jerman memiliki kekayaan rata-rata bernilai US$4 miliar. Munich, Dusseldorf dan Hamburg adalah urutan kota dengan jumlah orang terkaya paling banyak di Jerman.

5. India

Total miliarder: 109

Total kekayaan: US$190 miliar

Kekuatan ekonomi baru di Asia adalah India. Menempati posisi kelima sebagai negara dengan jumlah konglomerat terbanyak, India memiliki sekitar 75 persen  dari total orang kaya di dunia. India bersaing dengan Jepang dan China dalam kemajuan ekonomi.

Konglomerat di India berjumlah 1,4 persen dari total penduduknya dengan aset lebih dari US$30 juta, dan menguasai lebih dari 20 persen total kekayaan dari kelompok ini. Konglomerat India punya aset rata-rata US$1,7 miliar.

6. Rusia

Total miliarder: 97

Total kekayaan: US$380 miliar

Rusia berada di peringkat keenam negara dengan tingkat orang kaya terbanyak, kendati pertumbuhan miliarder di negara ini sudah mulai melambat dari tahun ke tahun. Taipan yang jelas terhitung sebanyak 8,5 persen dari seluruh orang terkaya di Rusia.

Tiap tahun, orang superkaya di Rusia hanya bertambah 17 orang. Namun, kekayaan total mereka turun hampir 29 persen pada periode yang sama. Akumulsi kekayaan gabungan orang-orang kaya merosot hampir 15 persen menjadi US$605 miliar antara Agustus 2011 sampai 31 Juli 2012. Jumlah mereka turun sebelas persen atau 145 orang dari 1.145 pada tahun lalu.

7. Hong Kong

Total miliarder: 64

Total kekayaan: US$190 miliar

Hong Kong disebut juga kunci perekonomian Asia yang dihuni oleh 64 konglomerat. Dua persen dari populasi orang terkaya Hong Kong adalah taipan.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi di Asia utara jelas berpengaruh langsung terhadap 3.135 orang terkaya di Hong Kong. Total kekayaan dari kelompok ini turun sekitar sebelas persen, sementara jumlah mereka turun dua persen menjadi 470 orang antara Agustus 2011 hingga Juli 2012.

8. Swiss

Total miliarder: 57

Total kekayaan: US$125 miliar

Swiss populer sebagai “Taman Bermain” orang kaya dan tokoh beken. Konglomerat di Swiss mewakili satu persen dari jumlah penduduk terkaya, yaitu 5.597 orang, dan menguasai lebih dari 19 persen dari total kekayaan kelompok ini. Rata-rata, setiap miliarder mengantongi US$2,2 miliar per individu.

Kendati total keseluruhan populasi orang terkaya di Eropa menurun, nilai kekayaan konglomerat di Swiss justru meningkat tujuh persen. Total kekayaan mereka naik lebih dari tiga persen setiap tahun.

Pajak negara yang sangat murah tentu menarik sejumlah orang kaya untuk menyimpan uang mereka di Swiss, meski tidak tinggal secara permanen di negara itu.

9. Brasil

Total miliarder: 49

Total kekayaan: US$300 miliar

Brasil adalah satu-satunya negara Amerika Latin yang masuk dalam daftar negara dengan tingkat konglomerat terbanyak. Kendati penduduk terkaya di negara itu hanya 3,5 persen pada 2012, Brasil masuk peringkat ke-9 di dunia untuk penduduk terkaya, yang berjumlah 4.640 orang.

Total taipan di Brasil berkurang satu persen tahun ini, tetapi nilai kekayaannya turun lebih lebih dari enam persen. Kondisi tersebut dipicu oleh penurunan produk domestik bruto (PDB) yang sangat tajam, yaitu dari 7,5 persen pada 2010 menjadi 2,7 persen pada 2011. Inilah salah satu faktor kunci berkurangnya nilai kekayaan para taipan di Brasil.

10. Kanada

Total miliarder: 40

Total kekayaan: US$105 miliar

Di posisi buncit ada Kanada. Negara ini merupakan markas bagi populasi terbesar kedelapan orang superkaya, di mana mereka memiliki aset lebih dari US$30 juta.

Jumlah miliarder di Kanada hanya 0,8 persen dari total populasi penduduk terkaya. Namun, mereka menguasai hampir 18 persen dari total nilai kekayaan US$595 miliar.

LINK