Mundur Dari Bumi Plc, Rothschild Ingin Lawan Bakrie Dari Luar Sistem

Ipotnews – Nathaniel Rothschild menyatakan berhenti dari dewan direksi Bumi Plc seiring rivalitas yang makin intensif dengan Keluarga Bakrie. Keturunan bankir ternama Inggris tersebut mengatakan akan melawan dari luar sistem.

“Saya takut kehilangan kepercayaan pada kemampuan dewan direksi Bumi Plc,” kata Rothschild dalam surat pengunduran dirinya yang ditujukan kepada Chairman Bumi Plc Samin Tan.

Menurut Rothschild, dalam proposal tukar guling saham Bumi Plc dengan Bumi Resources dengan total transaksi $1,2 miliar yang diajukan Keluarga Bakrie pekan lalu, para pemegang saham tidak diperlakukan sama.

Usulan Bakrie pada pekan lalu dengan alasan terjadi penurunan valuasi kepemilikan mereka di Bumi Plc hingga 88 persen sampai akhir bulan lalu. Hal itu terjadi setelah Bumi Plc mengatakan akan memulai penyelidikan independen terkait dugaan penyimpangan keuangan dalam operasinya di Indonesia.

Bakrie Group dalam proposal tersebut juga menyampaikan alasan bahwa cara tukar guling merupakan upaya membantu penyelesaian perbedaan yang tak terdamaikan dengan pihak Rothschild yang merupakan keturunan kelima Keluarga Bangsawan Rothschild dan para pemegang saham lainnya. Pada tanggal 10 Oktober, secara terulis mengajukan usulan untuk membeli semua aset.

Rothschild mengatakan investigasi yang sedang berlangsung mengenai dugaan penyimpangan dalam operasinya di Indonesia akan menjadi aib, demikian pada bagian lain suratnya kepada Samin Tan. Dia mengatakan beserta penasihat untuk membawa Bakrie ke London merupakan masalah penyesalan besar baginya.

Proposal yang diajukan Bakrie pekan lalu termasuk permintaan agar Rothschild membatalkan 16 juta saham yang ia terima di Bumi Plc.

Sementara itu Chris Fong, juru bicara Keluarga Bakrie dalam pernyataannya mempertanyakan kekecewaan Rothschild. “Kami berharap dia mengembalikan semua saham dan keuntungan lain yang telah diterima dari kesepakatan yang telah dibuat,” katanya seperti dilansir Bloomberg.

Seperti diketahui pada 24 September, Bumi Plc menyewa pengacara untuk menyelidiki penurunan aset sebesar $637 juta yang merupakan dana pengembangan aset dan biaya eksplorasi.

Head of Corporate Affairs Bumi Plc Nick von Schimding membenarkan Rothschild telah mengundurkan diri dari Bumi Plc. Menurut von Schimding, hal tersebut merupakan pandangan pribadi Nat Rothschild.

Rothschild adalah keturunan keluarga yang membantu biaya perang Inggris melawan Napoleoan dari Perancis. Dia lebih banyak bermukim di Klosters, Swiss merupakan anak tunggal bangsawan Inggris Lord Jacob Rothschild, keturunan ke-4 Dinasti Rothschild. Keluarga ini meruoakan bankir dan kolektor barang-barang seni modern.

Samin Tan diangkat menjadi Chairman Bumi Plc pada bulan Maret setelah Rothschild mengundurkan diri sebagai co-chairman menyusul perselisihan dengan direksi lainnya. Tan merupakan pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal Tbk ( [BORN 580 -30 (-4,9%)]) yang membeli 47,6 persen saham Bakrie yang ada di Bumi Plc pada tahun senilai $ 1 miliar.

Keluarga Bakrie mengajukan tawaran untuk menukar 23,8 persen saham di Bumi Plc dengan 10,3% saham Bumi Resources. Bakrie juga mengajukan proposal bersyarat untuk membeli 18,9 persen saham yang tersisa di Bumi Resources ( [BUMI 700 -10 (-1,4%)]) secara tunai sebelum Natal 2012. Selain itu Grup Bakrie pun berencana menawarkan $946 juta saham Bumi Plc untuk ditukar dengan 84,7 persen saham PT Berau Coal Energy Tbk ( [BRAU 225 -15 (-6,3%)]).

Analis Nomura Holding Inc London, Patrik Jones dalam riset kepada kliennya menilai tawaran dari Bakrie tersebut sama saja Bumi Plc bubar. Ia merilis analisa tersebut sebelum Rothschild mengundurkan diri. “Investor bisa tergoda untuk mengambil tawaran tersebut dan bersedia menerima cash sekitar 50 persen di atas harga saham Bumi Plc saat ini,” katanya.

LINK