Ini Dia… 5 Seleb Hollywood Penunggak Pajak

Ipotnews – Populer, bergelimangan harta dan banjir kemewahan tidak berarti selebritas kelas dunia ini sadar pajak.  Padahal, di negara manapun apabila warganya menunggak pajak hukuman penjara tetap berlaku.

Pajak dikenakan kepada setiap warga negara tanpa pandang latar belakang. Entah dia seorang karyawan biasa, pengusaha, pejabat,  hingga tokoh fenomenal.  Laman Investopedia Rabu (26/9) merilis lima selebritis nHollywood yang menunggak membayar pajak. Data tersebut diperoleh dari petugas Internal Revenue Services (IRS).

1.  Lauryn Hill

Siapakah yang menduduki peringkat nomer satu selebritis yang baru-baru ini bermasalah dengan pajak? Dia adalah Lauryn Hill. Perempuan afro Amerika yang pernah menyabet delapan Grammy ini mendapat tiga kali peringatan dari petugas pajak karena tidak menyetor penghasilannya dari 2005 hingga 2007.

Total utang pajak Hill mencapai US$ 1.5 juta atau Rp4,5 miliar kepada negara belum termasuk bunga dan denda tunggakan. Ia terancam hukuman penjara maksimal satu tahun untuk setiap dakwaan jaksa. Pengadilan akan memutus perkara Hill November mendatang.

Menanggapi itu, Hill beralasan tak menyetor pajak pasca vakum dari industri musik untuk fokus mengurus anaknya.  Namun, dalam persidangan nanti Hill akan membeberkan audit  pembelanjaanya.

2. Sophia Loren

Sophia Loren salah satu selebritis yang pernah mendekam di penjara gara-gara mengemplang pajak pada 1982. Aktris keturunan Italia ini meringkuk di hotel Prodeo selama 30 hari lantaran tak melaporkan penghasilan lima juta lira atau US$ 8 ribu saat itu, yang ia rauk pada 1970.

Namun, atas pertimbangan pengadilan, Loren hanya menginap 17 hari. Kejadian itu membuat perempuan ini jera dan tidak pernah telat membayar pajak.

3. Annie Leibovitz

Annie Leibovitz terkenal sebagai juru foto para selebritis Hollywood pun jadi tokoh yang nyaris gagal bisa bayar utang. Pada 2009 Leibovitz harus kehilangan seluruh aset serta hak cipta beberapa fotonya untuk melunasi utang pajak tersebut.

Leibovitz harus melunasi utang kepada IRS senilai US$ 1.4 juta sekitar 4 miliar ditambah bunga karena ia menunggak tiga tahun, dari 2004 hingga 2007. Ia pun kesulitan membayar pajak bumi dan bangunan serta properti lainnya.

4. Wesley Snipes

Wesley Snipes saat ini tengah menjalani hukumannya penjara karena didakwa menggelapkan pajak karena tidak melaporkan pendapatan sekitar US$  14 juta atau Rp126 miliar, yang ia raup pada rentang 1999-2001. Kejahatan Snipes lainnya adalah ia ketahuan memalsukan informasi palsu mengenai tax refunds sehingga ia dikurung tiga tahun penjara.

5. Willie Nelson

Willei Nelson memiliki catatan hitam di IRS sejak 1984. Hasil audit 1972, IRS menemukan tunggakan pajak senilai US$ 6 juta atau sekitar Rp54 miliar. Nelson pun mengutang US$ 10 juta atau senilai Rp90 miliar bunga dan denda kepada negaranya, Amerika Serikat.

Staf keuangan Nelson mengklaim telag membayar semua kewajiban penyanyi tenar itu setiap tahun, namun sejumlah dana yang belum dibayarkan itu adalah keringanan pajak dari IRS.

Kenyataannya, IRS menyita sejumlah aset Nelsondan dan menjualnya melalui lelang.  Barang-barang koleksi Nelson laku dibeli penggemar. Tetapi, karena kesepakatan yang tidak sesuai , Nelson menuntut tim akuntingnya yang bernama Price Waterhouse kala itu. Sang artis kini berniat untuk membayar sisa kewajiban pajaknya.

LINK

Iklan