Van Marwijk Tegaskan Perjalanan “De Oranje” Belum Berakhir

Ipotnews – Kekalahan 1-2 atas Jerman menyisakan kepedihan di kubu Belanda, yang dalam ajang Piala Eropa kali ini ditempatkan sebagai salah satu favorit juara bersama Spanyol.

Nyatanya, tim bertabur bintang itu belum meraih satu kemenangan pun dalam laga penyisihan grup, sehingga menempatkan Mark van Bommel cs di dasar klasemen.

Sang arsitek, Bert van Marwijk pun angkat bicara seputar kekalahan timnya atas “Der Panzer” dini hari tadi. Di mata pelatih berusia 60 tahun itu, kekalahan “De Oranje” lebih disebabkan buruknya koordinasi antara empat pemain belakang dan gelandang.

Buktinya, Mario Gomez leluasa menjebol gawang Maarten Stekelenburg dua kali pada babak pertama. “Pertahanan kami sangat buruk. Koordinasi antara pemain belakang dan dua gelandang bertahan sangat mengecewakan,” papar Van Marwijk seperti dilansir laman Goal, Kamis (14/6).

“Kami tampil cukup baik pada 20 menit pertama dan mendapatkan sejumlah peluang untuk mencetak skor. Tetapi kita harus tampil luar biasa jika ingin mengalahkan Jerman. Beberapa pemain berjuang untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Gol yang dicetak Jerman merupakan kesalahan kami, kami terlalu terbuka di bagian tengah. Kami memberikan mereka ruang untuk leluasa bergerak.”

Mantan pelatih Feyenoord itu berupaya memperbaiki kesalahannya pada babak pertama dengan melakukan sejumlah pergantian, termasuk menarik Van Bommel dan Ibrahim Afellay. Dan kehadiran Rafael van der Vaart serta Klaas-Jan Huntelaar diharapkan bisa memecah kebuntuan.

Van Marwijk percaya strategi itu bisa meningkatkan daya gedor Belanda, dan “jika mendapatkan sedikit keberuntungan” bisa menyamakan kedudukan. Langkah tersebut memang cukup mumpuni, buktinya, Robin van Persie bisa membobol gawang Jerman pada menit ke-73.

“Pada babak kedua kami ingin memperbaiki semuanya (kesalahan pada babak pertama) dengan memasukkan Van der Vaart dan Huntelaar. Kami berupaya melakukan segalanya untuk mencetak skor, dan berharap ada keberuntungan dengan terciptanya gol kedua,” jelas Van Marwijk.

Kekalahan tersebut membuat peluang Belanda untuk melangkah ke perempat final menjadi sangat berat. Karena selain harus memenangkan laga terakhir kontra Portugal, Belanda juga bergantung pada pertandingan Jerman versus Denmark.

Namun, Van Marwijk menegaskan, peluang timnya belum habis, untuk menduduki posisi runner-up Grup B. “Tidak, perjalanan kami belum berakhir. Saya tidak yakin Jerman akan melepas pertandingan terakhir mereka kontra Denmark. Hal itu tak terjadi dalam turnamen seperti ini. Kami harus bangkit untuk membungkam Portugal 2-0,” ucap Van Marwijk.

Keterangan foto: Bert van Marwijk (Goal)

LINK