Hold Semen Gresik dan Buy Aneka Tambang

Ipotnews-Analis Samuel Sekuritas Yualdo Yudoprawiro memberikan rekomendasi Hold terhadap saham PT Semen Gresik Tbk (SMGR). Kata dia, potensi akuisisi pabrik semen di Vietnam relatif kurang efektif bagi SMGR karena akan memecah fokus kinerja manajemen meski dalam jangka panjang dapat menjadi sumber pendapatan baru.

“SMGR harus lebih fokus pada peningkatan kapasitas produksi di domestik,” katanya dalam risetnya Rabu (30/5). Sebab menurut dia potensi pertumbuhan konsumen semen domestik yang tinggi dalam jangka pendek dan menengah.

Terkait akuisisi tersebut, belum terlihat potensi seluruhnya. Kepastiannya akan lebih jelas dalam RUPS perseroan pada 26 Juni mendatang, demikian kata Yualdo. Sampai akhir tahun 2012, ia memperkirakan PE SMGR adalah 14,2 kali sementara EV/EBITDA sebesar 9,4 kali.

Seperti diberitakan SMGR berencana mengakuisisi produsen semen di Vietnam untuk mempercepat ekspansi perseroan di kawasan regional ASEAN tahun ini. Pabrik semen BUMN tersebut telah menganggarkan dana 400 juta dolar AS untuk kepentingan akusisi tersebut. Akuisisi diharapkan tuntas lebih cepat yaitu akhir Juli 2012 dari perkiraan semula awal tahun 2013.

Dana akuisisi 70 persen berasal dari pembiayaan eksternal dan sisanya dari kas internal. Pembiayaan eksternal menggunakan mata uang dolar AS sebagaimana biaya transaksi yang menggunakan mata uang dolar AS. Sumber dana eksternal berasal dari penerbitan obligasi atau pinjaman bank.

Adapun terhadap saham Aneka Tambang (ANTM), Yualdo menyarankan Buy. Menurutnya dengan export tax sebesar 20 persen terhadap penjualan bijih nikel dan bauksit maka kinerja ANTM terutama EBIT dan net profit akan tergerus masing-masing sebesar 20,8 persen dan 20,4 persen di tahun ini.

Kata Yualdo sampai akhir tahun 2012, PE ANTM akan mencapai 5,9 kali. Sementara EV/EBITDA sebesar 1,8 kali.

Manajemen ANTM dikabarkan sudah memperoleh ijin ekspor bijih besi nikel dan bauksit di tahun ini sehingga perusahaan plat merah ini tidak perlu mengubah target volume penjualan. Kuota ijin ekspor ANTM sebesar 2,275 juta wmt untuk 3 bulan ke depan.

LINK