Bursa AS Ditopang Saham-Saham Favorit

Ipotnews-Bursa saham AS berakhir di zona positif pada penutupan transaksi semalam. Para investor optimistis bahwa para pejabat tinggi Eropa akan melakukan banyak hal untuk mencegah krisis utang zona Eropa menjalar ke mana-mana.

Saham-saham favorit seperti Bank of America Corp, Alcoa Inc serta FedEx Corp berhasil naik 1,4 persen. Facebook Inc menguat 3,2 persen setelah mencatat pelemahan 19 persen dalam 2 hari. Dell Inc tumbang 17 persen, koreksi turun paling buruk sejak tahun 2000 karena estimasi revenue yang mengecewakan. Hewllett Packard Co rally 10 persen.

Indeks S&P 500 naik 0,2 persen ke posisi 1.318,86 poin membalikan posisi penurunan sebesar 1,5 persen. Sementara Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun tipis 6.66 poin atau 0,1 persen ke posisi 12.496,15 poin.

“Ada spekulasi bahwa para pemimpin Eropa akan mengambil tindakan untuk menstabilkan situasi Yunani, ditambah lagi cukup besar aliran dana yang masuk ke pasar modal di sela-sela spekulasi itu. Tentu pelemahan pasar saham baru-baru ini mungkin memberikan sebuah kesempatan,” kata Tim Ghriskey, Chief Investment Officer Solaris Group seperti dilansir Bloomberg.

Pasar saham AS beberapa hari sebelumnya drop, seperti bursa global lainnya seiring pertemuan para pemimpin Eropa di Brussels untuk membahasi krisis utang. Spekulasi Yunani akan meninggalkan sistem mata uang euro membuat pasar saham tertekan terlebih setelah partai-partai yang menentang skema bailout Yunani memenangkan pemilu di negara tersebut pada 6 Mei lalu.

Kekhawatiran terhadap krisis Eropa membuat kerugian sebesar 4 triliun dolar AS di pasar saham global di sepanjang bulan ini, terlebih ketika Rusia dan Brazil juga mulai memperlihatkan gejala bear market.

LINK