IM2 Bidik Pasar UMKM

Ipotnews – Memasuki kuartal II tahun 2012 ini, PT Indosat Mega Media (IM2) akan memperluas pasar dengan menyasar kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Direktur Utama IM2, Ridwan Karsa, dalam keterangan tertulis yang diedarkan hari ini, Senin (21/5), menyatakan, perluasan ini seiring dengan perluasan jaringan last mile di wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali, yang kini tengah dilakukan IM2. Sektor UMKM merupakan pangsa pasar potensial, mengingat pertumbuhan UMKM yang cukup pesat di Indonesia.

“Bagi penyedia jasa layanan telekomunikasi seperti IM2, ada potensi pasar yang besar di sektor UMKM. Mereka makin membutuhkan jaringan telekomunikasi khususnya akses internet untuk keperluan bisnis mereka. Basis UMKM mayoritas berada di daerah,” kata Ridwan.

Lebih lanjut Ridwan menyatakan, berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM di Indonesia telah mencapai 54 juta lebih, dan diharapkan di tahun 2012 meningkat di atas 6 persen. Dari jumlah tersebut, kata dia, penetrasi UMKM pengguna internet masih sangat sedikit.

Sedangkan menurut catatan Google, ungkap Ridwan, bisnis UMKM di Indonesia yang menggunakan internet, bisa tumbuh 10 persen per tahun. Saat ini, baru ada sekitar 75 ribu UMKM di Indonesia yang menggunakan internet atau fasilitas online.

“Pertumbuhan UMKM yang cukup bagus, bisa menjadi potensi bisnis besar bagi kami. Untuk mempercepat pencapaian target perluasan pasar di sektor UMKM, IM2 menawarkan promosi gratis pemasangan layanan UKM Broadband hingga akhir Mei nanti,” ujarnya. (Fitriya)

LINK