Inikah Saham Pilihan Saat Sentimen Negatif Kepung Bursa Domestik?

Ipotnews-Sentimen negatif masih tetap mengelilingi pasar saham hari ini, Rabu (16/5). Kabar buruk tersebut menepis harapan pulihnya krisis utang di zona Eropa bisa segera teratasi.

Pertentangan yang terjadi ditubuh parlemen Yunani akhir-akhir ini meningkatkan kekhawatiran dari para investor karena partai koalisi saat ini menolak menerima berbagai persyaratan untuk menerima dana talangan yang diharapkan dapat menolong kejatuhan negara ini. “Hal ini semakin meningkatkan spekulasi keluarnya Yunani dari Uni Eropa,” ujar analis BNI Securities Viviet S Putri dalam risetnya hari ini.

Dari bursa AS, indeks Dow Jones kembali jatuh 0,50% ke level 12.632 begitu pula dengan  Indeks Standard & Poor`s 500 yang turun 0,57% ke level 1.330.

Kata Viviet, data ekonomi di negara kawasan Eropa tampaknya juga kurang mendukung, rilis data PDB yang  terakhir menunjukan  bahwa Italia turun 0.8%, begitu pula dengan PDB Yunani dan Perancis  yang tidak menunjukan adanya pertumbuhan seperti yang diharapkan.

Ia menambahkan, kabar negatif juga berhembus dari kawasan regional Asia dimana berdasarkan data kementrian perdagangan China Foreign direct Investement juga terus turun dan pada bulan April turun sebesa 0.7% menjadi sebesar US$8.4milliar.

“Transaksi perdagangan di dalam negeri menjelang libur panjang ini kami lihat masih akan cenderung turun dengan kisaran pergerakan di 4000-4070 saham rekomendasi ASII, HRUM dan ICBP,” ujarnya.

Sementara itu analis Samuel Sekuritas Yualdo Yudhoprawiro menyatakan IHSG masih akan tertekan oleh koreksi di bursa regional dan turunnya komoditas. “Terlebih lagi investor mengantisipasi libur panjang di akhir pekan ini,” ujarnya.

Namun demikian menurut Yualdo, penurunan IHSG mulai terlihat terbatas jika melihat intraday rebound yang terjadi pada penutupan kemarin terutama saham-saham sektor batubara dan banking. Ia menambahkan support indeks hari ini masih berada di level psikologius 4.000.

LINK