30 Perusahaan Tercatat Minta Dirating Oleh Pefindo

Ipotnews-PT Pemeringkat Efek Indonesia Tbk (Pefindo) telah menerima mandat dari 30 perusahaan untuk melakukan rating terhadap perusahaan tersebut. Sementara, terdapat 43 instrumen rating. Dari 43 instrumen rating tersebut, total dana yang tercatat sebesar Rp 38,4 triliun per Mei 2012.

Direktur Utama Pefindo Ronald T. Andi Kasim mengatakan, dari sisi mandat, nilai tersebut terbanyak berasal dari obligasi dan MTN. Sementara untuk 28 perusahaan yang Go rating memiliki total dana sebesar Rp 31,1 triliun.

“Ada 30 perusahaan yang sudah dapat mandat. Kalo instrumen ratingnya totalnya ada 43 perusahaan. Sekarang yang sedang berjalan ada 13,” ungkapnya kepada wartawan saat diskusi rating update 2012, di ruang rapat eCamel BEI, Jakarta, Rabu (16/5).

Dia merinci, dari 30 perusahaan yang sudah memberikan mandat untuk dirating, meliputi 8 perusahaan dari perbankan, 10 perusahaan pembiayaan, 2 perusahaan konstruksi, 4 perusahaan plantation, 3 perusahaan properti, 3 perusahaan telekomunikasi, 2 perusahaan konsumer goods, 2 perusahaan mining, 1 perusahaan otomotif, 1 perusahaan airport services, 1 perusahaan perikanan, 1 perusahaan infrastruktur, 1 perusahaan trading, 1 perusahaan sekutitas, 1 perusahaan car rental, 1 perusahaan chemical, dan 1 perusahaan holding.

Dari 30 perusahaan yang sudah memberikan mandat tersebut, terdapat 13 perusahaan yang sudah diterima mandatnya tetapi belum selesai. “Ada 13 perusahaan yang mandatnya udah diterima tapi belum selesai,” kata dia.

Dia merinci lagi, dari 10 perusahaan multi finance (pembiayaan), yang sudah selesai 8 perusahaan. Sementara 8 perusahaan banking, yang sudah selesai 5. Untuk 4 perusahaan plantation, yang sudah selesai 2. Sedangkan 3 perusahaan properti, yang sudah selesai 1. 3 perusahaan telekomunikasi, yang sudah selesai 2.

Namun, pihaknya masih enggan menyebutkan secara detail nama-nama perusahaan yang sudah memberikan mandat tersebut. “Kalau nama-nama perusahaannya ga usahlah ya, nanti aja,” katanya.

(Dewi)

LINK