Kembangkan TV OLED, Sony dan Panasonic Pertimbangkan Jalin Kemitraan

Ipotnews – Dua raksasa elektronik asal Jepang, Sony Corporation dan Panasonic Corporation, tengah mendiskusikan kemungkinan melakukan kolaborasi untuk memproduksi televisi yang menggunakan teknologi OLED.

Menurut narasumber yang tidak bersedia disebutkan identitasnya, seperti dilansir laman Bloomberg, Selasa (15/5), dua perusahaan masih dalam tahap awal untuk membicarakan potensi membuat TV dengan layar organic light-emitting diode atau OLED.

Pertengahan bulan lalu, Chief Executive Officer Sony, Kazuo Hirai, mengatakan pihaknya kemungkinan akan mencari mitra untuk memproduksi televisi yang menggunakan teknologi display jauh lebih tipis.

Namun, Sony dan Panasonic belum menyebutkan target waktu untuk memperkenalkan televisi OLED, sedangkan dua pesaing terberatnya yang berasal dari Korea Selatan, Samsung Electronics Company dan LG Electronics Inc—penguasa penjualan TV—berencana merilis televisi OLED berukuran 55 inci pada tahun ini.

Televisi OLED memiliki ukuran empat milimeter dan menghasilkan gambar lebih tajam ketimbang model liquid-crystal-display (LCD). Berdasarkan penelitian IHS Inc, penjualan televisi OLED kemungkinan tumbuh menjadi 2,1 juta unit pada 2015, dari 34 ribu unit pada tahun ini.

Sony, yang kali pertama memperkenalkan televisi OLED dengan ukuran sebelas inci pada 2007, menurut Hirai, masih mempelajari permintaan konsumen untuk produk yang berukuran lebih besar.

Sementara itu, Presiden Panasonic Fumio Ohtsubo, pekan lalu, mengatakan pohaknya juga tengah mencari mitra strategis untuk menghemat biaya pengembangan televisi OLED. Januari, Ohtsubo menyatakan Panasonic berencana memperkenalkan televisi OLED tak lama setelah Samsung dan LG melakukannya.

Menurut laporan harian ekonomi Jepang, Nikkei, hari ini, Sony dan Panasonic tengah mendiskusikan kerja sama untuk mengurangi waktu pengembangan televisi OLED. George Boyd, juru bicara Sony, dan Yuko Hosaka, dari Panasonic, sama-sama menolak untuk memberikan keterangan.

LINK