Hindari Pajak, Pendiri Facebook Lepas Kewarganegaraan Amerika

Ipotnews – Eduardo Saverin, salah satu pendiri situs jejaring sosial paling populer di dunia, Facebook, secara resmi melepas kewarganegaraan Amerika Serikat, dan lebih memilih menjadi warga Singapura.

Langkah tersebut, seperti dilansir laman Yahoofinance, Selasa (15/5), dilakukan Saverin, pria kelahiran Sao Paolo, Brasil, 13 Maret 1982 itu, diduga untuk menghindari pajak ratusan juta dollar AS setelah Facebook Inc berencana melakukan penawaran perdana kepada publik (IPO), pertengahan Mei ini.

Saverin menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1998, namun saat ini menetap di Singapura sejak 2009. Dengan melepas kewarganegaraan Amerika Serikat memungkinkan bagi Saverin untuk menghindari pembayaran pajak miliaran dollar AS dari kenaikan harga saham saat Facebook melakukan IPO, Jumat (18/5). Sementara Singapura tidak menerapkan pajak keuntungan dari kenaikan harga saham.

Menurut dinas pendapatan setempat, Saverin telah melepas kewarganegaraan Amerika Serikat pada kuartal pertama tahun ini. “Eduardo menilai lebih praktis menjadi penduduk Singapura setelah dia merencanakan tinggal di sana untuk batas waktu yang tidak ditentukan,” ujar Tom Goodman, juru bicara Saverin di New York.

Goodman menambahkan, Saverin berencana berinvestasi di perusahaan Brasil dan global yang memiliki kepentingan kuat untuk memasuki pasar Asia. “Itulah alasan paling masuk akal bagi Saverin untuk menggunakan Singapura sebagai tempat tinggal,” jelas Goodman.

Saverin tercatat mengantongi empat persen saham Facebook. Beberapa pengamat memperkirakan nilai perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat itu mencapai seratus miliar dollar AS.

Saverin, yang pindah ke Amerika Serikat dari Brasil pada 1992, mendirikan Facebook bersama Mark Zuckerberg pada 2004, saat keduanya masih menuntut ilmu di Harvard University. Nama Saverin mulai dikenal setelah berselisih dengan Zuckerberg, dan kepergiannya digambarkan cukup jelas dalam sebuah film bertajuk “The Social Network” yang dirilis pada 2010.

LINK