Spanyol Diyakini Bakal Gagal Capai Target Defisit Anggaran

Ipotnews – Komisi Eropa memperkirakan Spanyol bakal gagal mencapai target pengurangan defisit 2012, meskipun pemotongan anggaran dilakukan oleh pemerintah.

Sebelumnya, Pemerintah Spanyol berjanji untuk mengurangi defisit menjadi 5,3 persen dari produk domestik bruto (PDB) tahun ini. Namun, Komisi Eropa yang bakal merilis proyeksi ekonomi kawasan tersebut secara luas, memperkirakan Madrid bakal gagal mencapai target defisit anggaran.

“Spanyol tidak berada di jalurnya. Itu tidak akan memenuhi tujuannya untuk tahun ini,” ujar seorang pejabat di Komisi Eropa yang tidak ingin diungkap identitasnya, seperti diberitakan AFP, Jumat (11/5).

Namun dia menolak untuk mengatakan seberapa besar Spanyol akan gagal mencapai target defisit anggaran pada tahun ini. Pada kesempatan itu, sumber tersebut juga menolak laporan yang menyebutkan defisit Spanyol akan mencapai 6,0 persen pada tahun ini.

Awal tahun ini, Pemerintah Spanyol mengumumkan defisitnya jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, yakni sebesar 8,5 persen bukan 6,0 persen.

Spanyol seharusnya membawa defisit turun menjadi 4,4 persen pada tahun ini, tetapi Perdana Menteri Mariano Rajoy yakin mitra Uni Eropa bakal menaikkan targetnya menjadi 5,3 persen.

LINK