Kuartal Pertama, Toyota Kembali Kuasai Pasar Otomotif Global

Ipotnews – Toyota Motor Corporation tercatat sebagai pabrikan yang paling banyak menjual kendaraan di dunia pada kuartal pertama 2012, setelah bencana dahsyat di Jepang dan Thailand tahun lalu.

Penjualan Toyota, Lexus, Scion, Hino dan Daihatsu tercatat meningkat 18 persen menjadi 2,49 juta unit sepanjang Januari-Maret. Berdasarkan data yang dikompilasikan Bloomberg, torehan tersebut menempatkan Toyota di atas General Motors Company, yang membukukan penjualan 2,28 juta dan Volkswagen AG dengan 2,16 juta unit.

“Mereka memiliki kemampuan daya saing yang baru, dan tentu saja mereka akan menghadirkan volume mereka kembali,” tutur Jeff Schuster, Senior Vice President LMC Automotive, Troy, Michigan. “Mereka memiliki beberapa produk baru di seluruh dunia, bersama Camry terbaru dan keluarga Prius.”

Pada 2008-2010, Toyota tercatat sebagai raja otomotif dunia, sebelum akhirnya kembali diambil oleh General Motors pada 2011, setelah terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang, dan banjir di Thailand.

Toyota menjadi penguasa otomotif global berdasarkan penjualan pada 2008 setelah GM mengalami kebangkrutan pada 2009. Namun GM kembali mengambil mahkotanya tahun lalu dan VW naik ke posisi dua menggusur Toyota ke urutan ketiga.

“Walaupun menempati urutan pertama bukanlah tujuan utama kami, tetapi senang bisa mencapainya karena mudah-mudahan itu menunjukkan kalau kami sudah berada di jalur yang tepat,” ucap Jim Wiseman, Vice President Toyota Amerika Utara.

“Dengan reaksi positif para konsumen terhadap semua produk baru atau yang diperbarui yang kami perkenalkan tahun ini, kami optimistis momentum yang baik akan terus berlanjut.”

Pekan ini, Toyota memperkirakan labanya bakal meningkat lebih dari dua kali lipat seiring pulihnya proses produksi perusahaan dari bencana tahun lalu dan memperkenalkan sejumlah model terbaru untuk kembali merebut pangsa pasar.

Penjualan Toyota—termasuk Daihatsu Motor Company dan Hino Motors Limited—hingga 31 Maret 2013 diperkirakan mengalami pertumbuhan 18 persen menjadi 8,7 juta unit.

Menurut Toyota, penjualan di Amerika Utara bakal mendominasi pertumbuhan tersebut, dengan lonjakan 26 persen menjadi 2,35 juta unit. Penjualan di Jepang bakal naik 6,2 persen dan Asia sebesar 34 persen, sedangkan Eropa sepuluh persen.

Sementara itu, sepanjang April, penjualan Toyota di Amerika Serikat melonjak 12 persen menjadi 665.328 unit, jauh lebih cepat ketimbang pertumbuhan industri otomotif di negara itu secara keseluruhan, yakni sepuluh persen. Hal itu berdasarkan penelitian Autodata Corporation, di Woodcliff Lake, New Jersey.

Secara global, Toyota, GM dan VW akan bersaing ketat untuk memperebutkan posisi teratas.

“Target Volkswagen pada tahun ini sangat agresif, begitu pula dalam beberapa tahun ke depan,” tutur Schuster. “Bakal terjadi pertempuran hebat dan saling susul untuk memperebutkan posisi teratas.”

LINK