Kekhawatiran Investor Naik, Inilah Saham-saham Sasaran Speculation Buy

Ipotnews–Indeks kekhawatiran investor (VIX) bertengger ke posisi 20,08 atau mengalami kenaikan 5,1 persen.  Perubahan politik di Yunani dan Perancis menjadi katalis naiknya indeks kecemasan tersebut.

Analis BNI Securities Viviet S Putri berpendapat polemik di kalangan parlemen Yunani mencuatkan kondisi ketidaknyamanan setelah partai koalisi kiri Yunani Tsipras menggalang koalisi. Tsipras menggalang ide menasionalisasi perbankan, menangguhkan pembayaran utang, pembatalan dana talangan dan menolak pengetatan anggaran negara.

“Hal ini  menambah naiknya kekhawatiran investor global setelah sebelumnya dalam pemilu perancis, sarkozy terpaksa mengalihkan tampuk pimpinan ke Holande yang berpotensi merubah kebijakan yang direncanakan sebelumnya dalam penyelesaian masalah krisis di kawasan Uni Eropa,” kata Viviet dalam risetnya hari ini, Kamis (10/5).

Ia menambahkan, investor asing yang panik kembali membuat bursa global mengalami tekanan jual yang hebat. Di bursa Wall Street kemarin DJIA kembali terkoreksi sebanyak 97 poin kelevel 12.835, hal serupa a juga terjadi pada perdagangan dibursa acuan regional  Asia dan bursa di kawasan Eropa lainnya. IHSG sendiri kembali mengalami tekanan jual dan ditutup jatuh 1,25% ke level 4.129,0.

Meski demikian menurut Viviet, terdapat potensi speculation buy sehingga penurunan IHSG akan terbatas. Bahkan bisa memicu technical rebound indeks. Kata dia, indeks akan bergerak di kisaran 4.090 sampai 4.150 poin disertai tekanan jual yang masih akan terjadi. Sementara saham-saham yang termasuk menjadi pilihan antara lain saham Bank Danamon (BDMN), Jasa Marga (JSMR), Jafpa Confeed (JPFA), AKR Corporindo (AKRA) serta Adaro Energy (ADRO).

Sementara itu analis Samuel Sekuritas Yualdo Yudhoprawiro melihat potensi penguatan dari pergerakan indeks yang mixed. Hal itu kata dia dipicu oleh sentimen negatif dari Eropa yang sedikit mereda karena komitmen EFSF yang akan tetap mengucurkan dana bailout bagi Yunani.

Beberapa bursa regional, lanjut Yualdo juga bergerak mixed dengan indikasi rebound dari  titik terendahnya seiring sentimen positif dari rilis kinerja emiten-emiten di bursa Jepang.  “Di bursa domestik investor akan mengantisipasi penetapan BI rate hari ini yang diperkirakan akan tetap di level 5,75 persen,” ujarnya. Resistance indeks berada di level 4.150 poin.

LINK