Pencairan Anggaran dan Investasi Akan Dorong PDB ke 6,5 Persen

Ipotnews – Menteri Keuangan, Agus Martowardojo meyakini, pertumbuhan ekonomi 2012 bakal menyentuh angka 6,5 persen atau sesuai dengan harapan pemerintah yang tertuang di dalam APBN 2012. Optimisme ini terkait dengan tingginya nilai investasi di kuartal pertama dan pencairan anggaran belanja modal dan barang di kuartal berikutnya.

Menurut Agus, pencapaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2012 sebesar 6,3 persen memang lebih rendah dari target yang diharapkan. Namun demikian, lanjut dia, nilai investasi yang tinggi mampu membuat pemerintah optimistis untuk mencapai angka pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen pada tahun ini.

“Investasi pada kuartal I cukup tinggi, di atas 9 persen. Itu bagus karena akan meningkat lagi dan akan berdampak positif ke depannya. Jadi itu yang membuat kami optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan baik. Kalau kita menargetkan 6,5 persen, itu masih akan tercapai,” kata Agus di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Senin (7/5).

Selain investasi yang tinggi, jelas Agus, keyakinan pemerintah juga terkait dengan masih rendahnya pencairan anggaran belanja 2012. “Pertumbuhan di tahun 2012 masih akan didukung oleh stimulus yang ada pada APBN-P 2012. Kami masih akan mengeluarkan stimulus untuk infrastruktur,” ucapnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, pencairan anggaran belanja modal dan barang pada kuartal I, II dan III 2012 dipastikan akan lebih besar dibanding pada kuartal I. Bahkan, tambah dia, jika rencana kenaikan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) mendapat persetujuan dari DPR, maka hal tersebut akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. “Pada kuartal I ini yang pertumbuhannya tinggi adalah domestik ekonominya, jadi ke depan itu masih akan mampu mendorong ke 6,5 persen,” ujarnya.

Akan terlihat di kuartal III
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, optimis jika sebagian besar anggaran belanja 2012 sudah terserap, maka dipastikan akan menjadi stimulus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang hasilnya akan terlihat di triwulan III. ” Di dalam anggaran belanja 2012 ada Rp23 triliun tambahan untuk belanja infrastruktur, sumber dari dana SAL. Jadi, saya yakin pada kuartal III akan terlihat nanti,” katanya. (Budi)

LINK