Hatta Tak Puas Dengan Pertumbuhan Kuartal Pertama

Ipotnews – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengaku tidak puas dengan kinerja perekonomian domestik sepanjang kuartal pertama yang hanya mencatatkan pertumbuhan 6,3 persen.

Pasalnya, Hatta berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang periode Januari-Maret bisa mencapai 6,5 persen.

Kendati demikian, Hatta memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mengalami peningkatan pada kuartal berikutnya. “Saya kurang begitu puas, karena saya mengaharapkan 6,5 persen. Tetapi, biasanya pertumbuhan akan terjadi pada kuartal-kuartal berikutnya,” ujar Hatta di Gedung Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin (7/5).

Keyakinan ini, lanjut Hatta, terkait dengan data historis yang menyebutkan mulai kuartal kedua akan terjadi akselerasi perbaikan ekonomi. “Mungkin spending government belum begitu optimal. Dan kemudian yang kedua, kami harus menjaga daya beli masyarakat, agar konsumsi ini terus keep buying karena ini yang mendorong pertumbuhan,” paparnya.

Menurut Hatta, pencapaian pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 persen tersebut masih terkait dengan perkembangan situasi ekonomi global yang fluktuatif dan persoalan ketidakpastian penyelesaian masalah ekonomi di Eropa.

Selain itu, kata Hatta, perkembangan di dalam negeri juga terkait dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi di India dan China, sebagai negara mitra kegiatan ekspor dan impor. (Budi)

LINK