Pilpres Prancis: Sarkozy Akui Kemenangan Hollande

Ipotnews – Nicolas Sarkozy mengakui kekalahan dalam pemilihan presiden (pilpres) Prancis atas saingannya dari Partai Sosialis, Francois Hollande, sekaligus mengucapkan selamat kepada penggantinya itu.

“Presiden terpilih Prancis harus dihormati,” ujar Sarkozy di depan ribuan pendukungnya ketika hasil perhitungan cepat dan sejumlah hitungan resmi lainnya, Minggu (6/5) waktu setempat atau Senin (7/5) dini hari WIB, menunjukkan kemenangan bagi Hollande.

“Saya yang bertanggung jawab terhadap kekalahan ini,” ucap Sarkozy yang juga menyampaikan terima kasihnya kepada pendukung, yang sebagian besar menangis menyaksikan pidato itu, seperti dilansir AFP, Senin.

Televisi nasional Prancis, France 24, menyebutkan Hollande memenangi pemilu dengan persentase suara 51,9 persen. Hasil resmi segera diumumkan dan diperkirakan tidak terlalu meleset dari perhitungan cepat itu.

Sebagai kekuatan ekonomi terbesar kedua di Eropa, Prancis tercatat memiliki 46 juta pemilih, sekitar 82 persen di antaranya diperkirakan menggunakan hak pilihnya.

LINK