Belajar Ekonomi, Orang Nomor 2 Korut Kunjungi Indonesia dan Singapura

Ipotnews – Orang nomor dua Korea Utara, Kim Yong Nam, akan berkunjung ke Indonesia dan Singapura, dalam upaya negara totaliter itu mencari dukungan untuk peningkatan perekonomiannya.

Yong Nam, yang menjabat Presiden Dewan Rakyat Tertinggi (parlemen Korut), mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu, menurut kantor berita Korut KCNA, dia juga akan mengunjungi Singapura. Lawatan ini merupakan lawatan pejabat tertinggi Korut sejak Kim Jong-un menggantikan ayahnya, Kim Jong-il, Desember silam.

Isolasi internasional terhadap Korut makin ketat sejak PBB memperluas sanksi dan Amerika Serikat memotong bantuan pangan sebagai respons atas percobaan peluncuran roket bulan lalu. Diduga, Jong Nam membawa misi mempelajari pembangunan di Indonesia dan Singapura.

“Jong Nam adalah wajak diplomasi Korut dan kunjungannya bisa jadi merupakan cara Korut mendorong pejabat-pejabatnya untuk mempelajari kebijakan ekonomi negara,” ungkap analis dari Economic Research Institute di Seoul, Cho Bong Hyung, seperti dikutip Bloomberg, Senin (7/5).

Singapura diketahui merupakan mitra dagang ketiga terbesar bagi Korut, setelah China dan Korea Selatan, demikian menurut data perdagangan Amerika Serikat.

“Korut telah mencoba mengatur program pertukaran edukasi dengan Singapura di bidang keuangan, hukum internasional, dan tempat mencari investasi luar negeri. Sedangkan terhadap Indonesia, pertumbuhan ekonomi yang tinggi dari pemanfaatkan sumber daya alamnya menarik minat Korut untuk belajar,” tambah Cho.

LINK