Telkom Incar Harga Buyback Saham di Level Rp 7.200

Ipotnews–Manajemen PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) akan kembali melancarkan aksi membeli kembali saham (buy back saham) tahun ini dengan anggaran Rp 2 triliun. Sementara total budget buyback mencapai Rp 5 triliun.

Direktur Keuangan Telkom Sudiro Asno merinci pada tahun 2011 perseroan telah melakukan aksi buyback saham senilai Rp 2 triliun. Sementara hingga akhir Maret 2012 perseroan juga sudah membeli kembali saham sebesar Rp 1 triliun.

“Jadi, dari total Rp 5 triliun tersebut, sisanya Rp 2 triliun lagi akan di buyback tahun ini,” terangnya dalam konferensi pers investor day, di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (3/5).

Nantinya, kata Sudiro, perseroan akan membeli kembali saham di kisaran harga Rp 7.200 per lembar saham. Pembelian saham tersebut, kata dia, akan menggunakan dana capex yang senilai Rp 3,5 Triliun. “Capex Rp 3,5 triliun itu, yang Rp 2 triliunnya akan kita pakai untuk buyback saham,” kata Sudiro.

Cicil Utang
Pada kesempatan tersebut Sudiro Asno juga menjelaskan rencana melunasi sisa utang jatuh temponya tahun ini sebesar Rp 2,4 triliun. Besaran utang tersebut, Rp 750 miliar oleh anak usaha Telkom, PT Telkomsel dan utang Telkom nya sendiri sebagai induk usaha sebesar Rp 1,6 triliun.

Menurut Sudiro, utang tersebut akan dilunasi dengan cara mencicil menggunakan dana internal. “Kita akan lunasi utang di tahun ini. Nanti kita bayarnya nyicil,” katanya.

Rencananya, perseroan juga akan melakukan penjualan Patrakom. Namun, saat ini pihaknya mengaku masih melakukan penjajakan dengan beberapa investor. “Kita masih lakukan penjajakan dengan investor untuk itu,” kata dia.

LINK