Saat IPO, Harga Saham Facebook Diperkirakan Melonjak Hingga 40 Dollar

Ipotnews – Saat melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) dengan harga 28-35 dollar AS per saham, nilai Facebook diperkirakan mencapai 70 miliar hingga 87,5 miliar dollar AS.

Dengan harga saham sebesar itu, Facebook—situs jejaring sosial terbesar di dunia—seperti dilansir Kantor Berita AFP, Jumat (4/5), akan mengantongi dana segar 5,6 miliar dollar AS, tidak termasuk fee dan komisi.

Diperkirakan, perdagangan saham Facebook dimulai pada 18 Mei. Menurut SharesPost, harga saham Facebook diperkirakan lebih dari 44 dollar AS per lembarnya.

Dengan harga yang diajukan kepada regulator pasar saham, nilai Facebook memang di bawah estimasi sejumlah pengamat, namun tetap saja menjadikan jejaring sosial itu sebagai perusahaan Web Amerika Serikat yang paling bernilai saat IPO dilakukan, mengalahkan Google saat melakukannya pada 2004 dengan 23 miliar dollar AS.

Selain itu, juga akan menempatkan Facebook di belakang kapitalisasi pasar Amazon.com dan di depan Hewlett-Packard Company.

Namun, harga yang diajukan Facebook masih bisa mengalami perubahan menjelang dibukanya penawaran secara resmi, berdasarkan tingginya permintaan.

Lou Kerner, analis independen yang mengkhususkan diri dalam perusahaan media sosial, memperkirakan harga saham Facebook akan naik dalam kisaran 38-40 dollar AS per lembar saat IPO.

“Mereka sepertinya sengaja mengeluarkan harga dalam kisaran yang lebih rendah, sehingga mereka dapat menaikkannya dan membuat sahamnya menjadi lebih bergairah,” papar Kerner.

Demikian fakta dan angka mengenai Facebook, yang harga penawaran umum perdananya ditetapkan Kamis.

-Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif. Jika diibaratkan sebuah negara, akan menjadi yang terbesar ketiga di dunia setelah China, dengan populasi 1,34 miliar, dan India, 1,17 miliar.

-Menurut Socialbakers.com, dengan 157 juta warga, Amerika Serikat memiliki sebagian besar pengguna Facebook, diikuti India dengan 45,9 juta, Brazil (45,3 juta), Indonesia (42,4 juta), Meksiko (32,9 juta).

-Facebook merupakan situs jejaring sosial paling populer di setiap negara di dunia, dengan pengecualian di China, Jepang, Polandia, Rusia, Korea Selatan dan Vietnam. (Sumber: comScore)

– April, Facebook mengumumkan kesepakatan miliaran dollar AS untuk membeli aplikasi berbagi foto di smartphone yang sangat populer, Instagram, menjadikannya sebagai akuisisi terbesar sampai saat ini.

-Facebook telah mencetak empat miliarder: Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin dan Sean Parker. Kekayaan bersih Zuckerberg, 27 tahun, diperkirakan mencapai 17,5 miliar dollar AS dalam daftar orang Amerika terkaya versi majalah Forbes 2011.

Moskovitz memiliki kekayaan bersih sebesar 3,5 miliar dollar AS, Saverin kelahiran Brasil, yang meninggalkan Facebook lebih awal setelah sulit disatukan dengan Zuckerberg, memiliki nilai kekayaan bersih dua miliar dollar AS. Sedangkan Parker, pendiri Napster yang sebentar menjabat sebagai Presiden Facebook, memiliki kekayaan bersih 2,1 miliar dollar AS.

-Chris Hughes, satu dari empat pendiri Facebook, menjabat sebagai Direktur Online yang sukses mengorganisir kampanye Presiden Barack Obama pada 2008.

-Facebook mengatakan memiliki rata-rata 526 juta pengguna aktif harian pada Maret 2012, meningkat 41 persen dari setahun lalu. Jejaring sosial ini memiliki 125 miliar “koneksi teman” yang terdaftar hingga 31 Maret, serta 3,2 miliar “like” dan komentar.

-Lebih dari 300 juta foto diunggah ke Facebook per hari, dan lebih dari 488 juta pengguna aktif mengakses Facebook menggunakan perangkat mobile.

-“The Social Network”, film mengenai asal-usul Facebook pada 2010, memenangkan empat Golden Globes, termasuk untuk film terbaik dan sutradara terbaik, tetapi gagal di Oscar, karena hanya mengantongi skenario, keaslian dan pengeditan film terbaik.

-Facebook, yang saat ini mempekerjakan sekitar 3.500 orang, telah mengumumkan rencana mempekerjakan “ribuan” lebih selama tahun depan.

LINK