Jasa Marga Harap Tambah Kepemilikan Ruas Tol

Ipotnews – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berharap bisa terus memperluas kepemilikan ruas jalan tol di beberapa daerah di Indonesia. Perseroan saat ini tengah mengincar salah satu ruas tol di Surabaya dan tengah mengikuti tender ruas tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, sepanjang 30 kilometer.

Rencana ekspansi tersebut menambah portofolio Jasa Marga [JSMR 5,450 50 (+0,9%)] yang juga tengah menggarap konsesi 9 ruas tol yang berlokasi di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Sembilan ruas tol tersebut menelan investasi sebesar Rp25 triliun.

Menurut Direktur Keuangan Jasa Marga Reynaldi Hermansjah, sebagian besar dana investasi untuk sembilan ruas jalan tol tersebut sudah mendapatkan komitmen dari beberapa bank. “Ada bank Mandiri, BCA, dan BNI, serta bank lainnya. Total dana yang siap kami tarik sekitar Rp17,5 triliun,” kata Reynaldi kepada wartawan, belum lama ini.

Reynaldi mengungkapkan, sisa dana investasi tidak diserap Jasa Marga sendiri karena pada masing-masing ruas kepemilikan Perseroan hanya mencapai 60%-70%. Jadi, lanjut dia, Perseroan kemungkinan hanya mengeluarkan dana investasi sebesar Rp4 triliun. “Dari sisi equitas dan pinjaman sudah disiapkan. Tahapannya baru selesai di 2014, jadi penarikannya bertahap,” tambah Reynaldi.

Sementara itu, terkait ruas tol di Surabaya dan Manado – Bitung, pihaknya masih menunggu negosiasi dan hasil tender yang dilakukan pemerintah.

Adapun sembilan ruas tol yang tengah digarap Perseroan adalah JORR Ruas W2N (Kebonjeruk-Ulujami), Bogor Ring Road, Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Semarang-Solo, Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua dan relokasi Tol Porong-Gempol. Ruas Cengkareng-Kunciran dan Kunciran-Serpong merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road lingkar kedua (JORR-2). Dari sembilan ruas tersebut, tujuh ruas di antaranya akan mulai dibangun pada tahun ini.(Issa)

LINK