Facebook Berencana Memulai “Roadshow” IPO Pekan Depan

Ipotnews – Facebook Inc, pengelola situs jejaring sosial terbesar di dunia, berharap bisa mulai memasarkan rencana penawaran saham perdana kepada publik atau initial public offering (IPO) paling cepat pekan depan.

Menurut narasumber yang tidak bersedia diungkap identitasnya, seperti dilansir laman Bloomberg, Rabu (2/5), para petinggi Facebook akan memanfaatkan roadshow untuk memperkenalkan bisnis mereka kepada calon investor, dan biasanya proses seperti ini akan berakhir dalam dua pekan.

Penentuan waktu tersebut menunjukkan Facebook bisa menyelesaikan IPO-nya sebelum akhir bulan ini, pasca memperbarui persyaratan yang digariskan regulator, pada akhir pekan ini.

Facebook mengajukan rencana untuk IPO Februari lalu, yang bisa menjadikan nilai perusahaan itu menjadi 75 miliar dollar AS hingga seratus miliar dollar AS. Raksasa teknologi yang berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat itu, saat ini mengantongi lebih dari 900 juta pengguna di seluruh dunia, berupaya mendapatkan dana lima miliar dollar AS, sehingga menjadikannya sebagai IPO terbesar yang dilakukan perusahaan Internet sepanjang sejarah.

Menurut narasumber itu, sejumlah petinggi Facebook akan memanfaatkan roadshow itu untuk mendiskusikan prospek pertumbuhan yang bisa mendongkrak penjualan sebesar 45 persen menjadi 1,06 miliar dollar AS pada kuartal pertama.

Selain itu, tambah narasumber tersebut, para petinggi Facebook juga akan menghadapi beragam pertanyaan mengenai kenaikan biaya yang memangkas pendapatan bersih sebesar 12 persen menjadi 205 juta dollar AS pada bulan lalu.

Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes di asrama Harvard University pada 2004 itu berencana mencatatkan sahamnya di Nasdaq Stock Market dan berharap bisa diperdagangkan dengan simbol “FB”.

Sementara itu, juru bicara Facebook, Jonathan Thaw, menolak untuk memberikan komentar. Namun blog teknologi, AllThingsDigital, baru-baru ini melaporkan roadshow tersebut kemungkinan dimulai pekan depan.

LINK