Berupaya Bangkit, RIM Perkenalkan Prototipe BlackBerry Terbaru

Ipotnews – Research In Motion Limited, pabrikan yang berupaya keluar dari jerat kemerosotan penjualan, bergerak selangkah lebih dekat untuk memperkenalkan “ponsel pintar” BlackBerry terbaru dengan melepas dua ribu prototipenya.

Ponsel dengan layar sentuh itu, yang memiliki layar berukuran 4,2 inci dan menyerupai personal computer (PC) tablet mereka, PlayBook, dibagikan hari ini kepada para pengembang di ajang BlackBerry Jam, di Orlando, Florida, Amerika Serikat. Perbedaan terbesarnya, prototipe tersebut tidak memiliki keyboard seperti perangkat BlackBerry pada umumnya.

“Apa yang kami lakukan adalah memberikan kepada mereka (pengembang) perangkat keras yang bisa dikembangkan, sehingga mereka bisa merasa yakin bahwa pekerjaan yang mereka lakukan, reaksi dari aplikasi mereka,” ujar Christopher Smith, Wakil Presiden RIM yang bertugas menangani platform aplikasi, seperti dilansir laman Bloomberg, Rabu (2/5).

Lini BlackBerry 10 terbaru, yang bakal meramaikan pasar ponsel pada akhir tahun ini, merupakan strategi RIM untuk mendongkrak pertumbuhan. Penjualan pabrikan tersebut mengalami penurunan 25 persen pada kuartal terakhir, bahkan di Amerika Serikat anjlok hingga 50 persen.

BlackBerry yang lama, yang hanya bisa untuk mengakses email dan fungsi bisnis lainnya, harus berjuang menghadapi kecanggihan smartphone milik Apple Inc, iPhone, dan peralatan yang menggunakan sistem operasi Android dari Google Inc, yang memiliki kemampuan lebih beragam.

Prototipe tersebut menggunakan sistem operasi versi teranyar, BlackBerry 10, yang menurut Smith, akan membantu para pengembang untuk mulai membangun sejumlah aplikasi sebelum secara resmi dirilis. Meski begitu, sistem pengujiannya tidak akan terlihat sama persis seperti produk jadinya.

LINK