Astra Otoparts Gandeng 2 Mitra Bangun Pabrik Lampu Kendaraan

Ipotnews – PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) membentuk perusahaan patungan (joint venture company) dengan Juoku Technology Co Ltd dan PT Takagi Sari Multi Utama. Perusahaan patungan yang diberi nama PT Astra Juoku Indonesia akan membangun  pabrik baru di Indonesia yang akan memproduksi komponen lampu kendaraan dengan nilai investasi Rp100 miliar.

Dalam perusahaan patungan yang baru ini, kepemilikan saham Astra Otoparts dan Juoku Technology masing-masing sebesar 45%, sementara sisanya sebesar 10% dimiliki oleh Takagi Sari Multi Utama.

Dalam keterangan resmi Senin (30/4), pembangunan pabrik tersebut diharapkan dimulai pada semester pertama tahun ini dan berlokasi di Karawang, Jawa Barat, di atas lahan seluas 2,5 hektare. Sementara, kegiatan operasi dilakukan pada kuartal 1 2013 dan diperkirakan bisa mencapai sekitar 2 juta unit komponen lampu kendaraan pada 2014.

Selain itu, pada saat “full operation” di 2016, produksi akan mencapai 4 juta unit. Adapun produk yang dihasilkan akan disuplai ke pasar Original Equipment for Manufacturer (OEM),  Original Equipment for Supplier dan Pasar Suku Cadang Pengganti (Replacement Market) di Indonesia maupun pasar ekspor.

Juoku Technology, merupakan perusahaan Taiwan yang didirikan pada 1993, yang awalnya memproduksi mold untuk sistem penerangan (lighting system) otomotif. Saat ini bisnis utama perusahaan ini meliputi produksi dan pemasaran komponen otomotif dan precision injection molds. Pasar utama Juoku Technology adalah  pasar  OEM/ODM, khususnya untuk wilayah Taiwan dan Asia.

Sementara Takagi Sari Multi Utama yang didirikan pada  2003, merupakan perusahaan one-stop plastic manufacturing mulai dari proses  injection molding, pengecatan,  perakitan, pembuatan  mold dan secondary process. Perusahaan yang berstatus PMA ini pemegang sahamnya terdiri dari Takagi Seiko Corporation – Jepang (45%), PT Sari Multi Utama Plastic Engineering Industry – Indonesia (45%), dan Sojitz Pla-Net Corporation – Jepang (10%).(Issa)

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=Astra_Otoparts_Gandeng_2_Mitra_Bangun_Pabrik_Lampu_Kendaraan&level2=newsandopinion&id=1266080&img=level1_topnews_4&urlImage=lampu%20mobil%20iklanbook%20com.jpg