Sandiaga Uno Pelajari Penawaran Saham Garuda

Ipotnews – Pendiri Saratoga Capital, Sandiaga Salahudin Uno, mengakui tengah mempelajari secara internal penawaran 10,88 persen atau 2,47 miliar lembar saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) oleh Morgan Stanley.

“Kami sudah menerima penawaran dari Morgan Stanley. Sekarang tengah dipelajari lebih dalam,” kata Sandiaga, seperti diberitakan Antara, di Jakarta, Rabu (25/4).

Sandiaga merupakan salah satu pengusaha muda nasional yang mendapatkan perhatian Menteri BUMN Dahlan Iskan. Mantan Dirut PLN ini telah mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada Sandiaga dan empat pengusaha muda lainnya, yakni Rachmat Gobel, Anthony Salim, Chairul Tanjung, dan Nirwan Bakrie.

Pesan singkat tersebut dilayangkan pada 10 Maret, namun hanya Sandiaga, Chairul Tanjung dan Gobel yang menyatakan minatnya.

Pesan singkat ini bertujuan agar lima pengusaha nasional itu dapat menyerap saham Garuda [GIAA 660 -10 (-1,5%)]. Hal ini dilakukan untuk menghindari saham maskapai penerbangan pelat merah itu jatuh ke tangan asing.

Dahlan menghitung sejak melakukan penawaran saham Garuda kepada lima pengusaha muda itu, Garuda sudah mendapatkan keuntungan sebesar Rp2 triliun, setelah harga saham maskapai penerbangan pelat merah tersebut naik dari Rp560 ke Rp620.

Kini, ketiga penjamin emisi Garuda, antara lain PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas, mempercayakan kepada Morgan Stanley untuk mengajukan dokumen penawaran kepada para pengusaha tersebut.

Ketiga underwriter ini berkeinginan melepas 10,88 persen saham Garuda yang gagal diserap pada saat penawaran saham perdana (IPO) pada Februari 2011.

Sementara itu, Direktur Morgan Stanley, Oki Ramadhana, mengungkap tidak dapat menyebutkan waktu dan harga pelepasan saham Garuda. Begitu juga dengan pengusaha yang berminat. “Kami terikat confidential. Tanyakan saja sama Bahana dan Danareksa,” ujar Oki.

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=Sandiaga_Uno_Pelajari_Penawaran_Saham_Garuda&level2=newsandopinion&id=1256043&img=level1_topnews_3&urlImage=sandiaga-uno-watnyus.jpg