BEI Resmi Luncurkan Indeks IDX30

Ipotnews–PT Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi meluncurkan indeks baru yang dinamakan IDX30. Indeks tersebut terdiri dari saham unggulan yang konstituennya merupakan bagian dari Indeks LQ45.
IDX30
IDX30 ini, diharapkan dapat menjadi acuan bagi investor dalam berinvestasi pada saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan berkapitalisasi besar. Adapun faktor yang menjadi kriteria dasar keanggotaan IDX30 adalah aktivitas transaksi seperti nilai transaksi, frekuensi dan jumlah hari transaksi, serta kapitalisasi pasar.

Selain itu, IDX30 juga menggunakan kriteria kuantitatif. Dalam pemilihan komponen IDX30, pihak bursa juga memperhatikan aspek-aspek kualitatif seperti kondisi keuangan, prospek pertumbuhan, serta faktor-faktor lain yang terkait usaha perusahaan.

BEI juga akan melakukan peninjauan berkala atas komponen pembentuk IDX30 setiap 6 bulan, yaitu pada awal Februari dan Agustus setiap tahunnya. Sementara, hari dasar perhitungan dipilih adalah 30 Desember 2004 dengan nilai awal indeks 100.

Selain itu, metode perhitungan IDX30 sama dengan metode perhitungan indeks-indeks lain yang ada di BEI, yaitu pembobotan berdasarkan market capitalization weighted average. Ke depannya, IDX30 diharapkan akan menjadi landasan acuan bagi produk-produk pasar modal seperti reksadana, ETF, serta produk derivatif lainnya.

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=BEI_Resmi_Luncurkan_Indeks_IDX30&level2=newsandopinion&id=1248195&img=level1_topnews_4&urlImage=Logo%20BEI-2.jpg