Rating Prancis di Ambang Downgrade, Bursa Wall Street Keok

Ipotnews – Bursa saham Amerika Serikat ditutup turun pada Kamis (19/4) malam. Pelemahan Wall Street menjadi cermin kekecewaan para investor terhadap data perekonomian AS dan krisis utang Eropa di tengah-tengah proyeksi laba emiten yang diramalkan lebih baik.

Indeks S&P 500 turun 0,6 persen ditutup pada posisi 1.376,92 poin. Sementara sehari sebelumnya juga ditutup turun sebesar 0,4 persen. Sementara itu Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 0,5 persen ke level 12.964,10 (turun 68,65 poin).  Trading volume tercatat signifikan mencapai 7,4 miliar saham.

Menurut Chief Equity Market Federated Investors Inc Philip Orlando, pasar saham dikendalikan oleh rilis data. Kata dia, para investor mendapat keseimbangan perlawanan karena data perekonomian yang lebih lemah sementara laba emiten melebihi ekspektasi. “Para investor membutuhkan data tambahan untuk menarik kesimpulan,” katanya seperti dilansir Bloomberg.

Indeks S&P 500 jatuh setelah data penjualan rumah selama periode Maret melemah secara tak terduga di samping penduduk Amerika yang mengajukan aplikasi klaim tunjangan jobless lebih banyak lagi berdasarkan data yang rilis pekan lalu. Laporan data lainnya menyebutkan pertumbuhan manufaktur di kawasan Philadelphia melambat pada April ini karena pesanan dan penjualan merosot.

Pasar saham global makin tertekan seiring yield obligasi Perancis dan Spanyol yang bertenor 10 tahun naik sedikitnya 6 basis poin sehingga lagi-lagi mencuatkan kecemasan terhadap krisis utang Eropa.

Spanyol melelang obligasi senilai 2,54 triliun euro ($3,3 miliar) yang bertenor 2 hingga 10 tahun dengan target 2,5 miliar euro. Sementara itu lelang obligasi Prancis mencapai 8 miliar euro. Ekonom Citigroup Inc, Michael Saunders mengatakan Moody’s Investor Service sepertinya mereview status AAA rating Prancis yang kemungkinan menjadi downgrade.

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=Rating_Prancis_di_Ambang_Downgrade__Bursa_Wall_Street_Keok&level2=newsandopinion&id=1243081&img=level1_topnews_2&urlImage=wall%20street-1-daylife.jpg