Pemerintah Tak Ingin Coba-Coba Produksi Konverter Kit

Ipotnews – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan tak ingin hanya sekedar coba-coba dalam upaya memproduksi yang mengadopsi teknologi dalam pembuatan konverter kit di dalam negeri.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perindustrian, MS Hidayat usai Penyerahan Piala, Piagam Penghargaan Penilaian Kinerja Unit Kerja terbaik, dan pemenang Konvensi Budaya 5 K Di Lingkungan Kemenperin, di kantornya, di Jakarta, Kamis (19/4). Untuk itu, dia mengungkapkan, harus dilakukan kerjasama oleh perusahaan nasional yang ditunjuk dengan perusahaan asing untuk memproduksinya.

“Mereka (perusaahan produksi konverter kit nasional yang ditunjuk) kita persiapkan. Tapi nantinya mereka akan bekerjasama  business to business. Apakah kerjasama teknologi saja, atau juga permodalan,” kata Hidayat.

Menurutnya, para perusahaan yang ditunjuk tersebut juga bisa kerjasama dengan swasta nasional maupun perusahaan swasta asing dalam memproduksinya. Yang pasti dalam memproduksi teknologi tersebut perusahaan nasional harus bekerjasama dengan perusahaan yang di negaranya sudah menunjukkan bukti keberhasilannya. “Pokoknya dari segi teknologi kita jangan coba-coba atau belajar
sendiri, tetapi alih atau transfer teknologi yang sudah ada atau sudah proven,”ujarnya.

Dia mencontohkan, negara yang berhasil dalam penggunaan dan produksi konverter kit antara lain Korea Selatan yang sudah memasang konverter kit di semua transportasi umum. Begitu juga di Italia, lanjutnya, yang sudah melakukan pemasangan konverter kit dan mengekspor mobil-mobil tersebut ke seluruh Eropa maupun di Amerika Latin. “Kita akan sedikit impor dalam rangka agar program itu bisa mulai berjalan secepatnya. Tapi secara prinsip, selanjutnya semua akan diproduksi di dalam negeri,” jelasnya. (Fitriya)

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=Pemerintah_Tak_Ingin_Coba_Coba_Produksi_Konverter_Kit&level2=&level3=&level4=topnews&id=1240960&urlImage=konverter%20kit@indonesiafinancetoday.jpg