IMF Nilai Spanyol Belum Butuh Dana Talangan

Ipotnews – Kendati kondisi keuangan Spanyol semakin mengkhawatirkan sehingga menakutkan investor, namun Dana Moneter Internasional (IMF) menilai negara itu belum membutuhkan dana talangan.

“Tidak diperlukan semacam itu (dana talangan) pada saat ini, saya mengerti,” ujar Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde, saat diwawancara Televisi Bloomberg, seperti diberitakan AFP, Jumat (20/4).

Menurut perempuan berkebangsaan Prancis itu, Spanyol sudah mengambil sejumlah langkah yang benar-benar serius untuk membenahi negaranya, seperti reformasi pasar tenaga kerja dan mengurangi defisit fiskal.

“Mereka bertekad untuk mengendalikan anggaran provinsi, yang menjadi salah satu masalah, dan mereka telah mengumumkan ingin memperkuat modal perbankan Spanyol,” papar Lagarde.

Selain itu, dia mengatakan bahwa dana firewall darurat Uni Eropa sebesar satu triliun dollar AS yang ditempatkan bersama, juga merupakan alat penting untuk membantu mencegah penularan pasar dari kerusakan di Spanyol dan zona euro.

“Saya berharap melalui usaha bersama, Eropa dapat mendukung upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Spanyol,” ucapnya.

Sebelumnya, IMF ikut bergabung dengan Uni Eropa dalam penyediaan dana talangan besar-besaran untuk Yunani, Portugal dan Irlandia, dan tiga negara itu jauh lebih kecil ketimbang Spanyol.

“Jika ada kebutuhan untuk program penyelamatan, IMF harus ada di sana untuk semua anggotanya, ada berbagi beban yang tepat dan mitigasi risiko yang tepat,” jelas Lagarde.

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=IMF_Nilai_Spanyol_Belum_Butuh_Dana_Talangan&level2=newsandopinion&id=1242994&img=level1_topnews_4&urlImage=christine%20lagarde-2012-daylife.jpg