Australia Hargai Kebijakan RI Naikkan Pajak Ekspor Tambang

Ipotnews – Pemerintah Australia menghargai rencana Pemerintah Indonesia untuk menerapkan kenaikan pajak ekspor tambang mentah sebesar 15 persen, kata Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty di Jakarta, Selasa (17/4).

“Kami menghargai kebijakan Pemerintah Indonesia untuk mendapatkan manfaat dan keuntungan yang lebih bagi pemasukan negara (Indonesia), melalui pajak,” kata Dubes Moriarty usai membuka pameran pertambangan Ozmine 2012 di Jakarta, seperti diberitakan Antara.

Menurut Moriarty, Australia mendukung setiap upaya Pemerintah Indonesia melalui penetapan peraturan baru yang dapat membawa kebaikan bagi hubungan bilateral antara kedua negara. Adanya wacana kenaikan pajak ekspor tambang mentah itu, tambahnya, memang menimbulkan reaksi bagi sejumlah perusahaan Australia yang berinvestasi di Indonesia.

“Sejumlah perusahaan dapat menerima dengan baik kebijakan baru itu, namun ada juga yang bereaksi melalui penyelenggaraan dialog lanjutan dengan Pemerintah (Indonesia),” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan kenaikan pajak ekspor tambang mentah sebesar 15 persen tahun ini. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya mencegah eksploitasi tambang yang berlebihan di Indonesia.

Bahkan, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan bahwa pemerintah akan menerapkan pajak ekspor tambang mentah hingga maksimal 50 persen pada 2013.

Sementara di Australia, sektor pertambangan menyumbang sembilan persen bagi pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, Moriarty berharap pameran Ozmine 2012 dapat menarik minat perusahaan pertambangan Indonesia untuk bermitra dengan Australia.

“Indonesia sangat potensial di sekor pertambangan dan sumber daya alam. Dengan adanya investasi kuat dari sejumlah perusahaan Australia, saya percaya Indonesia akan memiliki banyak prospek bagus di masa mendatang,” jelasnya.

Greg Moriarty menyebutkan sebanyak 38 perusahaan pertambangan Australia telah berinvestasi di Indonesia dan menghasilkan 120 proyek kerja sama di tanah air. Dia yakin bahwa perusahaan tersebut dapat membawa sumbangan penting bagi sektor pertambangan di Indonesia.

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=Australia_Hargai_Kebijakan_RI_Naikkan_Pajak_Ekspor_Tambang&level2=&level3=&level4=topnews&id=1224430&urlImage=greg%20moriarty%20sbs%20com%20au.jpg