Muliaman dan Achjar Iljas Berpeluang Pimpin OJK

Ipotnews – Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman Darmansyah Hadad dan mantan Deputi Gubernur BI Achjar Iljas berpeluang menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam salinan Surat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang ditujukan kepada DPR, seperti diberitakan Antara, di Jakarta, Selasa (10/4), menunjukkan Muliaman dan Achjar diajukan untuk posisi ketua merangkap anggota Dewan Komisioner OJK.

Sementara 12 nama lainnya adalah mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Mulia P Nasution, dan mantan Wakil Direktur Bank Mandiri, I Wayan Agus Mertayasa, untuk posisi Wakil Ketua sekaligus Ketua Komite Etik merangkap anggota.

Mantan Direktur Internasional BI, Nelson Tampubolon, dan Wakil Direktur Bank Mandiri, Riswinandi, diajukan sebagai Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan merangkap anggota.

Ketua Bapepam LK, Nurhaida, dan Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kemenkeu, Rahmat Waluyanto, menempati posisi calon Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal merangkap anggota.

Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK, Isa Rachmatarwata, dan anggota Komisaris Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Firdaus Djaelani, diajukan sebagai calon Kepala Eksekutif Pengawasan Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan lembaga keuangan lainnya merangkap anggota.

Ekonom Ilya Avianti dan Executive Vice President Coordinator Internal Audit Bank Mandiri Rijani Tirtoso diajukan sebagai calon Ketua Dewan Audit merangkap anggota.

Sedangkan Kepala Perwakilan BI New York Kusumaningtuti Sandriharmy Setiono dan Mantan Ketua PPATK, Yunus Husein, diajukan sebagai anggota Dewan Komioner OJK bidang edukasi dan perlindungan konsumen.

Sumber di DPR menyebutkan urutan nama yang diajukan untuk satu jabatan tersebut sesuai dengan nilai ranking kompetensi pada saat penilaian oleh Panitia Seleksi.

OJK nantinya akan dipimpin oleh Dewan Komisioner beranggotakan sembilan orang yang bersifat kolektif dan kolegial. Komposisinya terdiri dari tujuh anggota berasal dari unsur masyarakat dan dua orang merupakan ex-officio Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia.

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=Muliaman_dan_Achjar_Iljas_Berpeluang_Pimpin_OJK&level2=newsandopinion&id=1203950&img=level1_topnews_3&urlImage=muliaman%20hadad-pdk-or-id.jpg