Kemendag : BBM Batal Naik, Tak Ada Alasan Pedagang Dongkrak Harga

Ipotnews–Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan karena bahan bakar minyak (BBM) batal naik  per 1 April kemarin, maka tidak ada lagi alasan pedagang menaikkan harga.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, di sela-sela konferensi pers tentang kinerja ekspor impor, di kantornya, Jakarta, Senin (2/4). Menurutnya, para pedagang harus ditertibkan agar tidak seenaknya mengerek harga.

“Harusnya nggak ada (kenaikan harga), harusnya harganya kembali (ke harga semula). Harus balik lagi, (karena) alasan naik itu tidak ada. Harga BBM-nya nggak naik kok. Jadi para pedagang jangan mengambil kesempatan,” kata Bayu.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di lapangan. Seperti diketahui harga beberapa komoditas melonjak menjelang pengumuman kenaikan harga BBM per 1 April. Namun harga BBM ternyata batal naik.

“Kita akan melakukan pemantauan, kita akan pastikan titik dari mana kenaikan itu, apabila terjadi kenaikan wajar maka kita informasikan melalui sistem distribusinya untuk ditambah pasokannya dan kalaupun memang itu merupakan kesengajaan untuk mengganggu dengan penimbunan, ya kita akan melakukan tindakan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan batalnya kenaikan BBM tersebut tentunya para distributor dan pedagang mengerti bahwa masyarakat mengetahui tidak terjadi kenaikan BBM yang secara otomatis tidak akan menimbulkan kenaikan harga barang. “Tapi sayangnya ada orang yang diwawancara satu persatu, kadang-kadang terus terang saja kalau TV yang wawancara itu pasti (harga) dinaik-naikkan,” ucapnya.

Baca: http://www.ipotnews.com/index.php?jdl=Kemendag___BBM_Batal_Naik__Tak_Ada_Alasan_Pedagang_Dongkrak_Harga&level2=newsandopinion&id=1189510&img=level1_topnews_3&urlImage=Bayu080311-reok.jpg#

Iklan